100 Guru SMK Negeri 1 Brebes Beroleh Pelatihan Safety Riding

100 Guru SMK Negeri 1 Brebes Beroleh Pelatihan Safety Riding
Minggu, 13 November 2016 11:30
EL-DN

Ini yang dilakukan oleh Astra Motor Jawa Tengah, Yaitu memberikan pelatihan aman berkendara kepada 100 orang guru SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes. Kegiatan itu dilakukan  dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional  (10/11).

Tak  hanya  dalam rangka memperingati Hari pahlawan saja bro, kegiatan itu terjadi karena adanya kesadaran dari pihak guru SMKN 1 Bulakamba Brebes, yang menginginkan anak bangsa yang mengenyam pendidikan bisa selamat dalam perjalanan menuju sekolah. Pasalnya, berdasar data yang ada, di sekolah ini lebih dari 75% siswa menggunakan sepeda motor.
 
“Posisi sekolah kami ada di jalur Pantura, dimana jalannya cukup lebar, dan lalu lintas selalu ramai. Bus serta truk bermuatan besar kerap melintas dengan kecepatan tinggi, sehingga kami harus mawas diri mengantisipasi dengan cara berkendara yang benar,” ungkap Slamet Riyadi M.Pd, Kepala Sekolah SMKN 1 Bulakamba
 
Berbagai teknik berkendara pun dikenalkan, mulai dari teknik dasar seperti mounting & dismounting (naik dan turun kendaraan) yang aman dan benar, termasuk memeriksa kendaraan dan memastikan postur tubuh yang baik saat berkendara.

Hingga ke teknik yang lebih pro seperti teknik pengereman (breaking), guna mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan akibat salah teknik pengereman. Seperti ketika hendak melewati jalanan basah & licin atau jalanan berliku.

Diajarkan pula teknik keseimbangan diatas jalan sempit (narrow plank), dan teknik melewati jalanan bergelombang (bumpy road). Tak ketinggalan peserta juga akan dikenalkan teknik slalom course atau cara melakukan akselerasi serta handling kemudi dengan benar.

Singkatnya, pelatihan aman berkendara ini menjadi pelatihan safety riding untuk guru dengan jumlah terbanyak yang pernah dilakukan oleh Honda Jateng.

Diharapkan para guru bisa menularkan ilmu pelatihan singkat safety riding yang diberikan kepada para muridnya. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.