Agar Awet, Ini Tips Perawatan Kampas Rem Sepeda Motor

Agar Awet, Ini Tips Perawatan Kampas Rem Sepeda Motor
Sabtu, 26 November 2016 15:15
Angga M

Kegunaan rem pada kendaraan roda sangat diperlukan untuk memperlambat laju putaran roda, Dengan demikian rider dapat berkendara dengan aman dan bisa mengantisipasi terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Melihat besarnya peran rem pada sepeda motor, maka sangat penting untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap piranti rem yang satu ini, jika tidak rem akan mengalami kerusakan bahkan rem tiak bisa berfungsi sama sekali alias blong.

Keausan pada piranti ini umumnya dikarenakan oleh umur pemakaian. Bisa juga cara pergunaan yang salah. Kampas yang kotor adalah satu penyebab yang membuat rem tidak menggigit alias tidak pakem.

Sebab kotoran yang menempel dikampas rem menjadikannya licin baik di rem tromol maupun cakram, untuk itu disarankan melakukan pemeriksaan dan membersihkan kampas rem minimal enam bulan sekali.

kampas rem

”Biar lebih aman dan mencegah rem blong akibat kampas kotor, sebaiknya dibersikan minimal enam bulan sekali. Atau disaat rem sudah terasa tidak enak segera melakukan pemeriksaan, karena kondisi kampas rem tergantung dari pemakaian,” ujar Fajar, mekanik bengkel KHT di Cilangkap, Jakarta Timur.

Jika memang sudah tipis, sebaiknya segera melakukan pergantian. Jangan menunggu sampai benar benar habis agar cakram motor tidak rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.