Agar Var-Tech Tetap Oke, Ganti CVT di 20 Ribu Km

Agar Var-Tech Tetap Oke, Ganti CVT di 20 Ribu Km
Minggu, 27 Desember 2015 09:00
Danu P Dirgantoro

Honda Vario 125 Techno (Var-Tech) yang punya transmisi otomatik pastinya nyaman digunakan untuk harian. Sudah tentu karena pengoprerasiannya yang tinggal gas-rem saja dan tidak perlu oper gigi. Ini jelas sangat memanjakan riders dalam beraktivitas. Tapi ingat, CVT berikut komponen penyalur daya pada skutik tersebut harus diperhatikan kesehatannya. Apalagi jika sudah memasuki 20 ribu kilometer, mesti siap-siap ganti.

"Belt CVT wajib ganti kalau Vario sudah masuk 25 ribu km. Tapi bagi pengendara yang punya mobilitas tinggi dan medan yang dilaluinya cukup berdebu, lebih baik di 22 ribu km ganti saja," ujar Suwarno, mekanik bengkel resmi Honda Serimpi Motor. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Angga Borah dari Abirawa Speedshop. "Vario 125 itu mesin standarnya sudah enak buat sekadar tarik-tarikan. Nah, kalau memang bawa motornya agresif. CVT sudah mulai diperiksa tuh di 22 ribu km," jelas pria yang piawai membangun motor balap ini. 

Pria ramah tersebut juga menambahkan, tidak hanya CVT yang harus diperhatikan. Beberapa part pendukung lainnya pun tidak boleh diabaikan. "Kalau ganti CVT nanti sekalian dibersihkan semua komponen pendukungnya. Seperti pulley, roller, pegas CVT harus diperiksa dan dibersihkan," jelas Angga.

Dan supaya makin segar, oli transmisi ada baiknya juga diganti. Untuk oli transmisi asli Honda kisaran harganya Rp. 13 ribu, sementara sabuk CVT Var-Tech berlabel AHM dikenai harga Rp. 160 ribu (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.