Atasi Masalah Motor Lemot, Bukan Cuma Masalah Mesin!

Atasi Masalah Motor Lemot, Bukan Cuma Masalah Mesin!
Senin, 19 Desember 2016 15:25
Ilham Pratama

Masih banyak yang mengira, jika kondisi motor lemot merupakan masalah pada mesin motor. Tak sepenuhnya salah. Namun ternyata masalah tersebut juga bisa datang dari faktor di luar mesin. Seperti aki, atau bahkan jas hujan.

"Masalah mesin lelet atau lemot bisa datang dari penggunaan aki yang sudah akan soak. Terutama pada motor-motor baru yang memakai sistem injeksi," papar Dwi Sulistyo Hartono, Kepala Mekanik TDR Mitra 2000.

Menurutnya, saat ini semua motor injeksi bekerja menggunakan sensor. Kalau daya aki kurang dari 12 volt, maka mesin akan berkurang tenaganya. Karena alokasi daya 12 volt tersebut sudah dibagi-bagi ke tiap sensor.

"Kalau dayanya kurang, maka ada salah satu sensor nggak kebagian daya, dan kinerja sensor tidak maksimal yang membuat tenaga motor berkurang," ucapnya sembari mengatakan jika kondisi seperti itu bisa diselesaikan dengan pergantian aki baru.

Sedangkan motor yang lebih spesifik seperti bebek super sekelas Yamaha MX-King atau Honda Supra GTR 150 justru masalahnya bisa datang dari penempatan jas hujan.

"Jas hujan yang ditempatkan di balik jok bisa menghalangi jalur udara ke filter udara atau tangki bensin. Ini bisa bikin tarikan lemot, hingga mogok," ucap Wahyu Isti Budi, Instruktur Teknik Wahana Honda.

Solusi masalah mesin lemot dari penempatan jas hujan sangat mudah. "Setelah jas hujan dipindahkan, matikan mesin sesaat. Lalu nyalakan kembali, setelah itu kondisi mesin akan kembali normal," pungkasnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.