Awas Komponen Aftermarket Palsu! Yuk, Cegah Pembeliannya

Awas Komponen Aftermarket Palsu! Yuk, Cegah Pembeliannya
Selasa, 13 September 2016 10:00
Ilham Pratama

Meski statusnya bukan sebagai komponen OEM atau bawaan pabrik, namun beberapa komponen harian sepeda motor juga kerap menjadi sasaran pemalsuan. Terutama beberapa merek yang sudah dikenal di Indonesia.

Hal ini tentu membawa kerugian bukan hanya pihak produsen, tapi juga pada konsumennya. Karena alih-alih mendapat produk yang awet dengan harga terjangku, tapi justru jadi sebaliknya.

Untuk itu, produsen komponen aftermarket seperti PT Astra Otoparts Tbk sebagai produsen parts merek Aspira dan Federal dan PT Daytona Azia, distributor komponen Daytona punya cara sendiri untuk mencegah pemalsuan.

"Memang, pemalsuan tak semarak komponen OEM, tapi untuk langkah pencegahan, kami lakukan dengan memberikan ciri khusus pada kemasan. Misalnya dengan kombinasi warna, serta emblem hologram pada tiap kemasan," papar Ronny Chandra, Head Spareparts Dept. Domestic Marketing Division PT Astra Otoparts Tbk.

Sedangkan pihak Daytona yang masih terbilang baru bermain di komponen harian mengatakan jika pihaknya lebih berkonsentrasi pada pengawasan distribusi. Sehingga untuk mencegah transaksi barang palsu, konsumen lebih diarahkan ke outlet resmi Daytona.

"Kami akan melakukan pengawasan di pasar. Kini, dengan dibantu tim dari PMP, distribusi produk kami akan lebih lancar dan pengawasan di dealer juga lebih terjaga. Hal ini juga bisa mencegah pemalsuan di pasar," urai Faris Aldino, R&D Marketing Manager Daytona Azia.

Pastikan komponen yang Anda taksir asli dan sesuai dengan standar kualitasnya. So, selalu waspada jika membeli, ya! (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.