Awas Penipuan, Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Suku Cadang Motor

Awas Penipuan, Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Suku Cadang Motor
Selasa, 9 Oktober 2018 11:55
Yulian Lahardi

Dalam merawat sepeda motor, banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, memilih suku cadang berkualitas untuk menjaga performa sepeda motor.

Agar performa serta kenyamanan terjaga dengan baik, berikut ini pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli suku cadang sepeda motor.

Kenali Produk dan Kemasan :

Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh konsumen sepeda motor dalam membeli suku cadang adalah pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya. Selain kemasan, konsumen sebaiknya membeli suku cadang di tempat yang terpercaya atau yang bekerjasama dengan Agen Pemegang Merk (APM). Menurut Dheni Setiawan selaku General Manager Parts Division, “Untuk konsumen sepeda motor Honda, dapat membeli di bengkel AHASS dan toko suku cadang resmi motor Honda yang menyediakan layanan purna jual suku cadang”.

Suku Cadang Honda

Membeli di Jaringan  Terpercaya :

Untuk mendapatkan suku cadang yang berkualitas dan terpercaya, pastikan pencinta sepeda motor membeli suku cadang di jaringan toko yang menjadi rujukan produsen sepeda motor. Sering kali hal ini yang terlupakan oleh konsumen dengan membeli suku cadang di toko yang tidak bekerjasama. “AHM memiliki 4,617 toko suku cadang resmi dan 3,777 jaringan AHASS yang juga menjual suku cadang di seluruh Indonesia. Toko resmi ini memiliki Shop Sign suku cadang resmi motor Honda atau dapat menghubungi main dealer Honda terdekat untuk mendapatkan informasi lokasi toko rekanan suku cadang motor Honda,” ujar Dheni

Stiker Barcode :

Perhatikan kondisi stiker barcode yang tertera pada kemasan suku cadang dalam kondisi baik seperti tidak rusak, sobek maupun dalam kondisi tulisan jelas. Selain itu, pastikan tampilan hasil proses scan barcode sesuai dengan produk suku cadang yang diinginkan. “Produk suku cadang Honda Genunie Part (HGP) yang dikeluarkan AHM memiliki fisik barcode dalam bentuk 2 dimensi dan tidak dicetak pada kemasan” ujar Dheni.

Suku Cadang Honda

Hologram :

Stiker hologram merupakan salah satu hal yang sering dijumpai pada kemasan suku cadang sepeda motor. Pada stiker hologram, perhatikan lapisan hologram tidak terlepas dan logo tercetak dengan jelas. “Pada HGP yang terdapat di toko suku cadang yang bekerjasama dengan AHM, stiker hologram memiliki hologram berwarna keemasan bukan berwarna kuning,” lanjut Dheni.

Baca juga: Siap-Siap, Motor Baru Bakal Hadir Di Indonesia Hari Ini

Baca juga: Dealer Honda Pangkas Harga Vario Model Terbaru, Enggak Tanggung-Tanggung!

Perbanyak Informasi Sebelum Membeli :

Selain memperhatikan kondisi kemasan, konsumen harus perhatikan suku cadang yang ingin dibeli. Salah satunya dengan perbanyak informasi melalui media masa yang terpecaya atau meminta saran teman yang pernah membeli produk yang akan dibeli.  “Sebagai contoh pada produk kampas rem yang sering kita temui di pasaran, kampas rem asli sepeda motor Honda memiliki lining pad yang kasar dan berwarna abu-abu tua dengan serbuk tembaga,”  lanjut Dheni.

Mudah bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.