Fakta Membuktikan, Pesaing Sesungguhnya Yamaha Lexi Ternyata Bukan Honda Vario 125!

Fakta Membuktikan, Pesaing Sesungguhnya Yamaha Lexi Ternyata Bukan Honda Vario 125!
Selasa, 30 Januari 2018 10:30
Yulian Lahardi

Sampai sejauh ini sejumlah media banyak yang menuliskan pesaing Yamaha Lexi 125 yang baru saja diluncurkan beberapa hari lalu adalah Honda Vario 125. Wajar saja opini itu terbentuk karena memang secara kapasitas mesin, keduanya sama-sama mengusung 125 cc.

Pun begitu, Apong Arfiansyah selaku pengamat otomotif punya pandangan berbeda. "Secara fakta, keduanya sama-sama mengusung model skutik, dan kalau melihat posisi estimasi harga yang diberikan pada Yamaha Lexi, seharusnya ketemunya sama Honda Vario 150," jelas CEO PT. Ahza Global Strategis, perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan marketing dan IT tersebut.

Menurutnya, opini yang berkembang itu sengaja dikeluarkan oleh pihak-pihak tertentu karena secara kapasitas mesin, Yamaha Lexi kalah performa bila dibandingkan dengan Honda Vario 150 yang jelas-jelas mengusung mesin berkapasitas 150 cc.

Honda Vario 150

Seperti diketahui bahwa harga Yamaha Lexi berada di angka mendekati Rp 20 juta untuk tipe Standar, dan agak ke atas dari Rp 20 juta untuk tipe S. Estimasi harga tersebut sampai menunggu instansi perpajakan mengeluarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk tahun 2018.

Nah, bila melihat estimasi angka yang disodorkan tersebut, maka akan beririsan dengan Honda Vario 150 eSP Kit ACC dengan banderol Rp 21.980.000 (On the Road DKI Jakarta dan sekitarnya). Sementara Honda Vario 125 CBS  dibanderol Rp 18,23 juta dan Honda Vario 125 eSP CBS ISS  kena di angka Rp 18,83 juta. "Kalau NJKB sudah keluar maka akan semakin terlihat jelas peta persaingannya," jelas Apong tanpa mau menyebutkan pihak-pihak yang menyebarkan opini publik tersebut.

Yamaha Lexi

Fakta selanjutnya masih menurut Apong adalah rilis resmi yang dikeluarkan pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan "Perlu diketahui bahwa dalam kondisi tertentu akselerasi Yamaha Lexi bisa sama seperti mesin 155 cc, tergantung pada kemampuan pengendara dan kondisi jalan."

Nah, penyebutan hal tersebut, Apong sangat yakin bahwa posisi Yamaha Lexi sebenarnya head to head dengan Honda Vario 150, tapi terkendala pada kapasitas mesin yang hanya 125 cc. "Sehingga ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memposisikan Yamaha Lexi adalah rival dari Honda Vario 125," tutur Apong lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.