Gerry Salim Siap Bertarung Di Sirkuit MotoGP Le Mans, Inilah Sosoknya

Gerry Salim Siap Bertarung Di Sirkuit MotoGP Le Mans, Inilah Sosoknya
Sabtu, 19 Mei 2018 09:55
Yulian Lahardi

Seperti diberitakan sebelumnya, seri ketiga Moto3 CEV Junior World Championship akan digelar di lintasan balap Sirkuit Le Mans, Perancis dan dilakoni pembalap Astra Honda Racing Team, Gerry Salim pada akhir minggu ini (19-20/5). Di sirkuit yang juga digunakan untuk ajang MotoGP ini, Gerry akan berusaha untuk memberikan aksi terbaiknya bagi bangsa Indonesia.

Nah, tentu Anda penasaran dengan sosok pria yang tiba-tiba menjadi rising star di belahan benua Eropa ini. Gerry Salim sudah bergabung dengan Honda sejak awal kariernya di dunia balap motor.

Gerry Salim

Terinspirasi oleh sang ayah, Gunawan Salim, mantan pmebalap nasional motocross, dan kakaknya, Tommy yang merupakan pembalap Kejurnas 250 cc. Gerry sendiri mulai berlatih saat berusia 10 tahun dengan motor Honda underbone 110 cc. Setelah belajar sekitar setahun dan memperdalam teknik, Gerry mulai berpartisipasi di beberapa kompetisi tingkat nasional dan langsung bersinar.

Performanya di usia yang masih belia menarik perhatian Honda, dan pada 2010, dirinya dipanggil ke Jakarta untuk menjalani tes dengan Astra Honda Racing School yang baru dibentuk. Gerry Salim merupakan generasi pertama proyek akademi bagi para pembalap, yang diawasi langsung oleh dua kali runner-up 125 cc World Championship, Noboru Ueda. Dia merupakan salah satu talenta muda paling berbakat, bersama Andi Gilang dan kakaknya, Tommy.

Selanjutnya Gerry berhasil mencatat prestasi pada Kejuaraan nasional dengan menjadi juara Motorprix MP6 (2011), mendominasi One Make Race Honda dengan menjadi juara 110 cc dan 125 cc selama dua tahun berturut-turut (MP5 dan MP6 pada 2011, MP3 dan MP4 pada 2012), serta 600 cc pada 2016.

Setelah meraih banyak pengalaman di level nasional, dia ikut Asia Dream Cup pada 2013 dan menjadi runner-up, lalu All Japan Championship dengan Honda NSF pada 2014 dan 2015. Pada 2015 pula dia membuat langkah besar saat ikut Asia Talent Cup, event prestisius di mana bakat-bakat terbaik dari Asia saling bersaing dalam lima tahun terakhir ini.

Pada tahun 2016, dia mendapatkan pengalaman pertama memacu motor besar di kelas SuperSport 600cc Asia Road Racing Championship, dan mencatat sejarah ketika meraih dua kemenangan di Sirkuit Sentul saat menjalani putaran keempat. Dia menjadi pembalap pertama Indonesia yang mencatat prestasi tersebut.

Pada 2017, dia pindah ke kelas Asia Production 250cc di ARRC, dengan memacu motor CBR250RR, dan berhasil menjadi juara setelah menjalani tahun yang luar biasa untuk Indonesia. Gerry saat ini menghadapi tantangan baru dalam kariernya yaitu Moto3 Junior World Championship di FIM CEV dan Red Bull Rookies Cup.

Karena kejuaraan itulah, kini dia tinggal di Barcelona selama musim berjalan. Pembalap muda berbakat Indonesia ini ingin bersinar di Eropa demi bisa mewujudkan mimpi ikut MotoGP World Championship.

Nama: Gerry Salim Laurens

Tanggal Lahir: 19 April 1997 (21 tahun)

Tempat Lahir: Surabaya, Indonesia

Tinggal: Santa Margarida i Els Monjos, Barcelona (Spain)

Tinggi/Berat: 165 cm/ 53 kg

Sirkuit Favorit: Twin Ring Motegi (Japan)

Pembalap Idola: Marc Marquez

Hasil paling spesial: Dua kemenangan di Sentul 2016 (ARRC – SuperSports 600cc class)

Hobi: Sepak bola

Makanan Favorit: Salmon

Sumber: PT. Astra Honda Motor

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.