Hati-Hati Banyak Penipuan Pembelian Motor, Beginilah Prosedur Transaksi Yang Aman

Hati-Hati Banyak Penipuan Pembelian Motor, Beginilah Prosedur Transaksi Yang Aman
Rabu, 10 Januari 2018 21:10
Yulian Lahardi

Jangan heran kalau melihat calon pemilik kendaraan motor yang bingung karena merasa tertipu dealer. Padahal bukan dealer motor yang salah, melainkan transaksi pembelian motor yang tidak sesuai prosedur dari dealer.

Artinya, konsumen termakan ucapan salesman dan uang tanda jadi atau uang muka hingga biaya pelunasan tidak masuk ke kas dealer terkait. "Uang transaksi memang harus melewati kas dealer atau transfer atas nama perusahaan bukan salesman," jelas Siti seorang Sales Advisor Dealer Yamaha di kawasan Tangerang.

Nah, berikut ini tiga aturan bertransaksi di dealer yang benar:

1. Penandatanganan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) disertai tanda jadi dengan nilai rupiah tertentu. Ambil contoh di Dealer Honda Astra Motor sebesar Rp 300 ribu.

2. Uang tanda jadi itu dapat dibayarkan ke kasir atau nomor rekening yang tertera pada SPK, dan bukan diserahkan ke salesman.

3. Kuitansi pembayaran biasanya akan diserahkan bersamaan dengan pengiriman unit atau dapat diambil di kasir. Pada umumnya kuitansi pembayaran tidak diserahkan atau dititipkan ke salesman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.