Honda E-Cub, Penerus Bebek Legendaris Berpenggerak Listrik

 Honda E-Cub, Penerus Bebek Legendaris Berpenggerak Listrik
Senin, 7 November 2016 07:25
Suryo Sudjatmiko

Salah satu ‘bintang’ di stan milik Honda dalam gelaran IMOS (Indonesian Motor Show) 2016 justru berwujud ‘bebek’. Bukan sembarang bebek, namun merupakan sebuah bebek bertenaga listrik.

Sesuai dengan nama yang disandangnya, EV-Cub merupakan anggota dari keluarga besar generasi Super Cub yang juga pernah meraja di jalanan Indonesia beberapa waktu silam.

Motor elektrik ini sepenuhnya menggunakan tenaga baterai 0.9 kWh yang menghasilkan tenaga 3.8 dk untuk menjangkau jarak 34 km pada kecepatan konstan 30 km/jam saja. Jadi jika digeber lebih dari kecepatan tersebut, konsekuesinya tak lain jarak tempuhya yang kian pendek.

Bukan performa yang sama sekali membuat bulu kuduk meremang, namun memang tujuan utama Honda untuk membuat motor listrik ini tak lain untuk  penggunaan jarak pendek di daerah perkotaan terlebih di negara-negara Asia yang sebagian sarana transportasinya didukung oleh sepeda motor.

OR honda E Cup OR honda E Cup

Motor yang pernah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2015 ini menurut rencana akan mulai diproduksi pada tahun 2018 nanti dan Jepang akan menjadi negara pertama yang menikmati EV-Cup ini. Bisik-bisik yang ada, motor ini pun akan dijual juga di Indonesia, namun sejauh ini belum ada konfirmasi lebih lanjut untuk penjualannya di Tanah Air.

Namun kendala utama bagi motor tenaga setrum ini terletak pada harganya. Sudah bisa dipastikan bahwa banderolnya akan jauh di atas motor imut bertenaga fosil.

Dari segi desain, bentuk EV-Cub ini menggunakan siluet Honda Super Cup di tahun 60-an cukup kental. Beberapa nampak pada disain stang dan penempatan lampu utama dan juga lampu belakangnya. Nuansa retro semakin kental dengan penambahan aksen beraroma klasik seperti kombinasi cat dan penggunaan material jok berwarna merah.

Singkatnya, EV-Cub merupakan motor yang cukup berhasil memadukan unsur klasik dan modern. (otorider.com)

OR honda E Cup OR honda E Cup

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.