Ini Dua Hal Yang Patut Diperhatikan Saat Musim Hujan

Ini Dua Hal Yang Patut Diperhatikan Saat Musim Hujan
Minggu, 29 Januari 2017 11:00
Ilham Pratama

Musim hujan yang tengah terjadi di Indonesia mewajibkan pengendara motor untuk merawat lebih ekstra tunggangannya. Dan berikut dua komponen yang wajib diperhatikan saat merawat motor di musim hujan.

Yang pertama adalah sistem pengereman. Paling mudah, cuci komponen cakram setelah berkendara menembus hujan. Karena sisa kotoran saat hujan akan menimbulkan kerak dan debu pada kampas rem. Hasilnya, kerap terdengar suara 'srek-srek' di bagian rem.

"Jangan dibiarkan, kelamaan bisa membuat cakram lecet dan aus. Untuk mencegahnya, cukup bilas bagian cakram dan kampas rem setelah berkendara," buka Winarno dari Divisi Racing PT Chemco Harapan Nusantara, produsen rem merek Nissin.  

Selain itu, bersihkan juga bagian lampu-lampu. Pasalnya, bercak air hujan yang menempel pada lampu-lampu bisa mengganggu visibilitas berkendara.

"Semakin lama, bercaknya semakin tebal, nantinya bisa mengganggu pandangan pengendara. Hal yang dianggap sepele ini bisa menyebabkan kecelakaan," ucap Jusri Pulubuhu, founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Membersihkannya mudah kok, asal jangan malas saja. Caranya, setelah berkendara menembus hujan langsung lap lampu dengan chamois basah. Setelah itu lap dengan kain bersih yang kering. Sedangkan jika bercak sudah kering, lebih baik lampu dibasahkan terlebih dahulu sebelum dilap untuk menghindari lecet akibat debu sisa hujan. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.