Inilah Keuntungan & Kerugian Membeli Motor Dengan Cara Kredit

Inilah Keuntungan & Kerugian Membeli Motor Dengan Cara Kredit

Membeli motor idaman memang bisa dengan dua cara. Pertama dengan cara cash bagi mereka yang yakin keuangan keluarga akan tetap aman meski telah dibelanjakan untuk pembelian motor.

Nah, berikutnya adalah dengan menggunakan jasa kredit melalui leasing atau multi-finance yang menjadi partner dealer motor terkait. Pun begitu, menggunakan jasa kredit tetap ada keuntungan dan kerugian yang harus dipertimbangkan. 

Yamaha XMax

"Keuntungannya adalah Anda seperti dipaksa untuk menabung pada produk yang dibeli, sehingga masyarakat yang menggunakan jasa kredit akan rajin menyisakan uang tiap bulan guna keperluan cicil motor," jelas Cahaya Fitri Tantriani, Dosen Praktisi Customer Relation Management dari Universitas Media Nusantara.

Lanjutnya, keuntungan berikutnya Anda bisa memiliki motor tanpa harus mengeluarkan biaya besar. "Sehingga sisa uang yang ada bisa diputar untuk keperluan lain atau untuk diinvestasikan," jelas perempuan yang juga bekerja di Astra International Tbk tersebut.

Pun begitu, Cahaya mengingatkan, kredit motor juga perlu perhitungan yang matang sehingga terhindar dari kredit macet. "Bila terjadi kredit macet, maka sudah dihitung sebuah kerugian, karena sebenarnya motor itu menjadi jaminan yang bisa diambil alih pihak leasing, dalam hal ini juga sekaligus kerugian terhadap besaran bunga yang sudah dibayarkan customer," jelasnya lagi.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id