Intip Perbedaan Mesin Piaggio Medley S dan Vespa Primavera i-get

Intip Perbedaan Mesin Piaggio Medley S dan Vespa Primavera i-get
Selasa, 4 Oktober 2016 09:35
Ilham Pratama

Sama-sama mengusung mesin bertipe i-get 150 cc SOHC, ternyata ada sederet perbedaan signifikan yang membuat komponen mesin Vespa Primavera dan Piaggio Medley S tak bisa saling subtitusi.

Dari volume bersih, Medley S memiliki mesin 155,1 cc dengan tenaga mencapai 14,7 dk per 7.750 rpm dan torsi 14,4 Nm di 6.400 rpm. Sedangkan mesin Primavera, yang juga dipakai oleh tipe Sprint mengusung kapasitas 154,8 cc dengan tenaga 11 dk di 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.

"Ya, memang keduanya memiliki basis mesin yang berbeda. Mesin yang dipakai Medley S, benar-benar baru, bukan diambil dari basis mesin 3V seperti pada Vespa. Ini untuk menyiasati bobot Medley S yang lebih berat (132 kg) dari Primavera (121 kg), jadi tenaganya juga harus lebih besar," buka Yudi Riswanto, Technical Training PT Piaggio Indonesia.

Perbedaan signifikan lain ada pada sistem pendinginannya. Di mana, Medley S sudah mengandalkan sistem pendingin cairan dengan radiator. Sedangkan Primavera masih memakai sistem pendingin udara.

"Jumlah valve juga berbeda, kalau Vespa masih memakai tiga katup seperti mesin sebelumnya, di Medley S sudah memakai 4 katup," papar Yudi.

Menurutnya, jeroan mesin juga dirancang berbeda. Seperti dimensi dan bentuk piston bentuknya beda meski sama-sama 150 cc. Ini yang membuat semua komponen mesin Medley S tak bisa dipasang pada Vespa. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.