Juara Suryanation 2016, Bisa Bikin Vespa 2-Tak Jadi 4-Tak dan Tiger 5 Silinder

Juara Suryanation 2016, Bisa Bikin Vespa 2-Tak Jadi 4-Tak dan Tiger 5 Silinder
Jumat, 25 November 2016 15:00
Angga M

Muhammad Yusuf Adid menjadi yang terbaik di ajang Suryanation Motorland 2016. Builder dari workshop Semangat Putra asal Purwokerto yang meracik Honda Tiger yang bermesin lima silinder mendapat gelar The Greatets Suryanation Motorland 2016. 

Yusuf berhak atas hadiah berangkat ke Jepang untuk menghadiri ajang Yokohama Hot Rod Custom Show ke 25 bersama motor ciptaannya “Naga Lima”. “Setelah melalui penghitungan yang ketat, hasil diskusi para dewan juri dan juga berbagai pertimbangan tingkat kesulitan dalam menggarap sebuah motor. 

Yusuf pantas dijuluki “The Real Builder” karena memang sering meracik motor dengan perubahan seperti itu. Sejak 2006 pria kelahiran Blitar, Jawa Timur sudah pernah menciptakan sebuah motor vespa miliknya yang bermula dari 2-Tak menjadi 4-Tak. Betapa rumitnya mengubah mesin pelumasan diruang bakar.  Lulusan SMK Bina Teknologi Purwokerto ini terpikir untuk membuat tempat oli, pompa oli berikut gird an rantai keteng yang sudah disesuaikan, sehingga hasilnya Vespa asal Italia itu lebih merdu suaranya saat dikendarai.

suryanation

“Setelah riset mesin Vespa menjadi 4-tak saya mulai percaya diri dan selanjutnya mulai berkreasi  dengan custom berbagai model mesin mulai 2 silinder dan 3 silinder segaris, sampai model  L engine yang mengandalkan basis mesin dari motor-motor lokal,” ujar Yusuf.

Jadi bukan tidak mungkin bagi seorang builder ini mampu membuat sebuah motor custom dengan mesin 5 silinder yang diberi nama ‘Naga Lima’ jika melihat asal-usulnya sebagai builder spesialis custom engine. “Saat proses membangun mesin 5 silinder ini jalannya tidak mulus banyak rintangan yang harus saya hadapi, terlebih saat bengkel saya terbakar habis 2 tahun lalu,” lanjut pria yang juga merupakan pendiri komunitas Psycho Engine Indonesia.

Sekitar dua tahun lalu, musibah kebakaran memusnahkan bengkel termasuk rumah miliknya. Musibah tersebut memusnahkan hampir semua harta dan karya yang ia miliki termasuk proses riset mesin 5 silinder yang tengah ia persiapkan. “Proses pembuatan motor ini sempat terhenti padahal sudah berjalan sekitar 50 persen namun karena kejadian tersebut mesin itu habis tidak tersisa dilalap api,” ujar Yusuf.

Setelah musibah tersebut, ia mencoba bangkit dengan menyelesaikan proses pembangunan motor Honda Tiger dengan 5 silinder ini. Ia pun harus mengulang kembali dari awal proses pembangunan mesin. Pada akhirnya hasil kerja keras Yusuf dalam menggarap motor ini sukses mengangkat namanya sebagai juara The Greatest Suryanation Motorland 2016.

Sebagai apresiasi dari pihak Suryanation, Yusuf berhak untuk membawa karyanya ke ajang Yokohama Hotrod Custom Show ke-25 di Jepang yang akan berlangsung pada tanggal 3 Desember 2016 mendatang. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.