Keunikan Nama Mesin Ducati, Bukan Hanya Ribet dan Keren (II)

Keunikan Nama Mesin Ducati, Bukan Hanya Ribet dan Keren (II)
Minggu, 5 Maret 2017 12:05
Ilham Pratama

Apalah arti sebuah nama? Ungkapan dari pujangga William Shakespeare itu memang terkenal, tapi tak berlaku bagi Ducati yang memberi nama mesin mereka dengan unik dan menyimpan makna.

Yup, setelah mengungkap makna dari nama mesin Ducati seperti Desmosedici dan Desmoquattro, ternyata masih ada beberapa mesin Ducati yang belum kita ulas namanya. Apa saja? 

Setelah Desmosedici, ada nama mesin Testastretta. Basisnya adalah mesin balap Desmoquattro yang sebelumnya dipakai di superbike Ducati 916. Namun karena sudah mentok pengembangannya, jadi dipakai pada motor harian. Pengguna mesin ini di Ducati cukup banyak. Sebut saja superbike 1098, 1198 hingga Diavel.

ducati

"Testastretta sendiri artinya narrow head, nama ini dipilih karena geser valve yang menjadi lebih sempit dari basis Desmoquattro. Jika sudut klep Desmoquattro 30 derajat, maka pada Testastretta dibuat 11 derajat. Tujuannya untuk mengejar kompresi naik dan intake bisa berdesain down draft (lurus). Efeknya di kenaikan ke tenaga," urai Rahadi Wibowo, Workshop Manager Ducati Indonesia.

Nah, mesin Testastretta berkembang lagi dengan penambahan teknologi DVT (Ducati Variable Timing). Fitur ini membuat Testastretta DVT menjadi mesin dengan overlap paling minimum. Keuntungan lainnya, mesin lebih gampang start saat dingin. Saat ini, pengguna Testastretta DVT cukup banyak. Seperti Multistrada Enduro, Multistrada 1200, XDiavel dan XDiavel S.

Baca Juga: Keunikan Nama Mesin Ducati, Semua Ada Maknanya (I)

Di dunia balap superbike, ternyata Ducati sudah merasa jika Testastretta sudah tak bisa lagi dikembangkan. Untuk itu, mesin baru dibuat sebagai andalannya. Maka lahirlah mesin berjuluk Superquadro yang kini jadi jantung bagi keluarga Panigale.

Superquadro merupakan penerus Testastretta. Ini benar-benar baru. Superquadro sendiri artinya overbore. Ini karena ukuran ruang bakar dan komponen seperti piston, klep piston Panigale lebih besar.

"Pembesaran ukuran ruang bakar tujuannya hanya satu, tenaga yang lebih besar. Ini yang membuat Ducati mengembangkan Superquadro dengan desain baru. Bukan lagi diambil dari basis Desmoquattro yang ada di mesin lainnya," tutup pria ramah ini. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.