Komparasi Fitur Suzuki GSX-R150 VS Yamaha All New R15, Duel Sport Fairing Pembuka 2017!

Komparasi Fitur Suzuki GSX-R150 VS Yamaha All New R15, Duel Sport Fairing Pembuka 2017!
Jumat, 27 Januari 2017 09:30
Ilham Pratama

Seru! Itu yang dirasakan penikmat sepeda motor Tanah Air di awal 2017 ini. Bagaimana tidak, setidaknya ada dua motor baru di kelas yang sama, yakni sport fairing 150 cc yang muncul nyaris berbarengan.

Keduanya adalah Suzuki GSX-R150 dan Yamaha All New R15. Oleh masing-masing pabrikan, keduanya dibekali sederet fitur unggulan yang belum pernah ada di kelas ini. Seperti apa? Yuk, kita bahas.

Suzuki GSX-R150

Pertama, kita tengok GSX-R150 yang dikenalkan sejak akhir tahun lalu lewat ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016. Model ini menjadi pamungkas dari tiga pabrikan Jepang yang turun di kelas sport fairing. Untuk itu, sejumlah peranti disematkan untuk menghadang laju lawannya.

Diantaranya penggunaan spidometer full digital multi fungsi, termasuk informasi mengenai interval pergantian oli. Indikator ini akan menginformasikan mengenai waktu servis dan ganti oli berdasarkan jarak tempuh. Sehingga makin mudah untuk perawatannya.

Nah, yang jadi andalan Suzuki pada fitur GSX-R150 adalah Keyless Ignition. Ini artinya, untuk menghidupkan motor, tak lagi dibutuhkan anak kunci ke rumah kunci di motor. Sebagai gantinya, ada remote untuk mengaktifkan switch yang bisa dipakai menyalakan mesin motor. Remote ini juga berfungsi sebagai Answer Back, yang memberi sinyal saat motor di parkir.

Suzuki juga menambahkan fitur Suzuki Easy Start System yang juga dibenamkan di motor besar mereka. Fitur ini memberi sensasi ala moge, karena mesin akan hidup dengan sekali tekan tombol starter.

Yamaha All New R15

Nah, yang jadi andalan R15 anyar ini ada di suspensi depan Up Side Down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (Front tire: 100/80-17, Rear tire: 140/70-17) membuat handling lebih sempurna dan terlihat semakin gagah. Wide Front Disc Brake ber-diameter 282 mm membuat pengereman semakin maksimal.

All New R15 dilengkapi fitur baru Assist & Slipper Clutch, fitur yang biasanya hanya ada pada motor besar. Fungsinya untuk mengurangi efek ban terkunci saat deselerasi juga untuk meringankan tuas kopling.

Selain itu, pengembangan All New R15 2017 berdasarkan masukan dari komunitas R-Series yang sering melakukan touring. Atas dasar itu All New R15 kini dibekali dengan hazard lamp untuk keadaan darurat.

Fitur yang ada pada keduanya adalah Shift Light untuk mengetahui posisi putaran mesin yang pas untuk berpindah gigi. Hasilnya, tenaga yang dikeluarkan lebih presisi dan 'berisi' karena tenaga mesin yang tak tertahan akibat putaran berlebihan.

Selain itu, keduanya sudah memakai lampu LED. R15 memakainya di headlamp dan stop lamp. Sedangkan di GSX-R150 baru sebatas headlamp, karena  baik sein dan stop lampnya masih mengusung lampu bulb konvensional. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.