Komparasi Honda Forza Vs Yamaha XMax, Hasilnya Cukup Mengejutkan!

Komparasi Honda Forza Vs Yamaha XMax, Hasilnya Cukup Mengejutkan!

Seperti ulasan sebelumnya, bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan Honda Forza sebagai penantang Yamaha XMax saat perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) di ICE, BSD, Tangerang (2/8). 

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda Forza hadir untuk memberikan kesenangan dan kebanggaan tertinggi bagi para pencinta motor di Indonesia, khususnya penggemar skutik.

“Model global ini memiliki kemewahan desain, kelengkapan fitur terkini, dan performa tinggi di kelasnya. Saya optimis Honda Forza akan menjadi pusat perhatian baru di antara para pencinta motor skutik besar,” ujar Toshiyuki Inuma.

Nah, terlepas dari semangat seorang Inuma memasarkan Honda Forza, bagi Anda yang kepincut dengan sosok Forza, ada baiknya bandingkan terlebih dahulu dengan pesaingnya, yaitu Yamaha XMax. Setidaknya, masing-masing produk yang sama-sama mengusung mesin berkapasitas 250 cc ini memiliki keunggulan dan kelemahan yang bisa Anda pertimbangkan sendiri.

Komparasi Harga

Salah satu yang menarik perhatian pengunjung yang mengamati Honda Forza di GIIAS 2018 adalah persoalan harga yang jauh lebih mahal ketimbang Yamaha XMax. Honda Forza dibanderol lebih mahal, yaitu estimasi di angka Rp 70 juta lantaran statusnya masih diimport bulat-bulat dari Thailand.

Sementara Yamaha XMax dibanderol Rp 57,8 juta (On the Road DKI Jakarta). Angka itu Otorider.com ambil langsung dari website resmi PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Pastinya, perbedaan harga yang cukup jauh ini benar-benar mengejutkan.

Mesin & Performa

Beralih pada mesin dan performa, Forza mengadopsi mesin berkapasitas 249,01 cc dengan tenaga maksimum 23,2 hp pada 7.200 rpm dan torsi puncak 24 Nm di 6.250 rpm. Sementara XMax sudah dicangkok mesin Blue Core 250 cc dengan tenaga 22,5 hp pada 7.000 rpm dan torsi puncak 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Dimensi

Bila dilihat dari ukuran bodi Honda Forza memang lebih pendek ketimbang pesaingnya, dengan panjang 2.140 mm, sedangkan XMax bisa mencapai 2.185 mm. Pun begitu, bagi Anda yang berpostur kecil akan lebih mudah mengendarai Yamaha XMax karena hanya memiliki tinggi 1.465 mm, sedangkan Forza 1.470 mm. 

Yamaha XMax

Honda Forza 250

Bila melihat wheelbase kedua skutik bongsor itu, Honda Forza lebih panjang, yaitu 1.547 mm ketimbang XMax yang hanya 1.540 mm. Menariknya, adalah urusan bobot keseluruhan yaitu Forza mencapai 191 kg dan XMax hanya 179 kg. Artinya, Yamaha XMax akan lebih mudah diajak bermain ketimbang Forza.

Fitur

Menyoal fitur keduanya, dijamin Anda tidak akan pusing lantaran memiliki kelebihan senada. Sebut saja mulai dari electric power socket, keyless, pencahayaan LED dan keduanya juga sudah mengadopsi traction control.

Akan tetapi pada Honda Forza sudah dilengkapi dengan teknologi traksi beremblem Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi bukan hanya sebagai pengontrol traksi roda, tapi juga menghindari kondisi slip yang tak terduga. 

Di sektor sistem pengereman, keduanya juga sudah mengandalkan Anti-lock Braking System (ABS). 

Baca juga: Inilah Harga & Spesifikasi Penantang Yamaha XMax Dari Honda Indonesia

Bagaimana menurut Anda?

Yamaha Xmax

Honda Forza 250




 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id