Komparasi Mesin dan Harga Yamaha New Vixion VS Suzuki GSX-S150

Komparasi Mesin dan Harga Yamaha New Vixion VS Suzuki GSX-S150
Rabu, 3 Mei 2017 11:00
Ilham Pratama

Selain tampang dan fitur, mesin juga jadi salah satu 'bahan jualan' bagi Yamaha dan Suzuki dalam menghadirkan Yamaha New Vixion dan Suzuki GSX-S150. Keduanya saling klaim jika ada keunggulan masing-masing pada produk mereka.

Semisal Vixion yang masih kukuh mempertahankan mesin SOHC dengan transmisi 5-speed. Sedangkan GSX menawarkan tenaga di putaran tinggi lewat mesin berkarakter overbore. Ini ulasannya.

Seperti disebut sebelumnya, Vixion mengusung mesin 150 cc LC4V 5-speed yang bertenaga dan responsif. Keunggulan utama dari mesin baru All New Vixion adalah fitur assist & slipper clutch.Fitur assist membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus sehingga akselerasi semakin cepat.

Tenaga mesin Vixion diklaim mencapai 16,3 dk di 8.500 rpm, lebih kecil dari GSX-S150. Tapi torsinya lebih besar, yakni 14,5 Nm di 7.500 rpm. Ini artinya, Vixion bermain di putaran mesin rendah hingga menengah.

Soal mesin, GSX-S150 sedikit lebih unggul karena punya tipe 150 cc DOHC dengan transmisi 6-speed berpendingin cair. Mesin yang dikembangkan dari basis Satria F150 injeksi ini diklaim tenaganya mencapai 18,9 dk per 10.500 rpm dan torsi 14 Nm di 9.000 rpm.

Namun karena karakternya yang overbore, yakni dimesin bore x stroke 62 x 48,8 mm membuat tenaga mesin baru melimpah pada putaran tinggi. Sementara akselerasi di kondisi stop and go, sedikit 'kalah start' ketimbang Vixion yang torsinya melimpah di putaran bawah.

Harga

Jika harga yang jadi pertimbangan Anda untuk membeli, silakan dilirik perbandingannya. Karena keduanya punya perbedaan lumayan banyak. Di mana GSX-S150 dibanderol dengan harga Rp 23,9 juta. Sedangkan Vixion dilepas Rp 26 juta. Keduanya berstatus On The Road Jakarta. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.