Komparasi Spek KTM Duke 390 VS BMW G310R, Pertempuran Pabrikan Eropa Berdarah India

Komparasi Spek KTM Duke 390 VS BMW G310R, Pertempuran Pabrikan Eropa Berdarah India

Untuk mengembangkan motor-motor berkapasitas kecil (di bawah 400 cc), baik pabrikan motor asal Austria, KTM dan BMW Motorrad asal Jerman punya strategi yang nyaris mirip. Yakni berpartner dengan pabrikan motor asal India. Di mana KTM menggandeng Bajaj dan BMW Motorrad bersama TVS.

Hasilnya, ada di dua produk berikut. Yakni KTM Duke 390 yang berbasis Bajaj Pulsar dan BMW G310R yang memiliki saudara TVS Akula 310. Dan tahun ini, kedua naked bike bermesin di atas 300 cc tersebut hadir secara resmi di Indonesia. Lalu, seperti apa komparasinya?

Desain

Dari sisi desain, baik Duke 390 dan G310 R mengandalkan garis street fighter yang kental. Cirinya terlihat pada desain yang terlihat kekar dan berotot berkat bodi yang bersudut tajam. Serta suspensi depan up side down yang membuat keduanya terlihat berisi.

Meski demikian, ciri khas keduanya coba ditonjolkan lebih detail. Semisal Duke 390 yang hadir dengan mengekspos sasis perimeter tubular dan swing arm kokoh sebagai ciri keluarga Duke.

Oleh KTM, Duke 390 versi terbaru ini juga disempurnakan lewat aplikasi LED Split headlamp serta panel spidometer minimalis yang komplit dengan teknologi TFT LED berwarna.

Sedangkan G310R meski punya sasis perimeter tubular, namun tidak terlalu diekspos seperti rivalnya, terbukti dari hadirnya shroud tank besar. Sedangkan lekuk tangki dan bodi belakang yang rada membulat mirip saudaranya, BMW F800R.

Berbeda dengan Duke 390 yang punya split seat, jok G310R terlihat menyatu. Memang kurang sporty, tapi lebih nyaman dipakai boncengan.

Fitur

Duke 390 dibekali dengan sederet fitur unggulan seperti Throttle By Wire yang membeikan sensasi berkendara ala motor besar. Lalu panel spidometer yang sudah dilengkapi sistem LED TFT multi informasi. Serta koneksi wireless dengan smartphone via Bluetooth. Ada pula headlamp LED dengan model split, serta rem ABS.

Di G310R, wakil BMW ini menyertakan fitur rem ABS sebagai standar. Serta  panel instrumen BMW G310R full digital multi informasi untuk memantau kecepatan, takometer, jam digital, status bahan bakar dan indikator konsumsi bahan bakar.

Mesin

Duke 390 dibekali mesin satu silinder 373 cc pendingin cair dengan tenaga 42,85 dk dan torsi 37 Nm dengan sokongan transmisi 6-speed. Sedikit lebih digdaya ketimbang G310R yang bermesin 313 cc satu silinder pendingin cair 6-speed dengan tenaga 34 dk dan tosi 28 Nm.

Harga

Soal harga, keduanya bisa disebut bersaing ketat. Duke 390 dilepas Rp 99,9 juta berstatus On The Road Jakarta. Sedangkan G310R dihargai Rp 104 off the road.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id