Membaca Perseteruan Honda dan Yamaha Tiga Bulan Terakhir, Persaingan Seperti Brasil Vs Jerman di Piala Dunia!

Membaca Perseteruan Honda dan Yamaha Tiga Bulan Terakhir, Persaingan Seperti Brasil Vs Jerman di Piala Dunia!
Jumat, 15 Desember 2017 06:20
Yulian Lahardi

Siapa tidak kenal dengan Tim Samba Brasil dan Tim Panser Jerman yang menjadi langganan juara Piala Dunia?  Keduanya berhasil mendominasi juara dengan masing-masing lima kali juara untuk Brasil dan empat kali untuk Jerman. Sama halnya dengan Honda dan Yamaha yang dalam kurun satu dekade lebih terlihat bersaing memperebutkan pasar di Indonesia.

Honda seperti halnya Brasil yang sangat cantik memainkan strategi permainan di lapangan. Sementara Yamaha lebih kental dengan semangat agresif Tim Panser yang menjual produk dengan desain-desain eksterior yang berani.

Seperti yang diutarakan Bebin Djuana, pengamat industri otomotif yang pernah menyebut kehadiran All New Honda PCX akan berhasil di pasar mengalahkan dominasi skutik premium Yamaha kalau memiliki desain lebih berani, fitur berlebih, serta harga ekonomis yang bisa diterima pasar.

Yamaha Mio S

Nah, berkaca pada persaingan Honda dan Yamaha, sebenarnya terlihat lebih memuncak di tiga bulan terakhir ini. Pertama adalah ketika PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menghadirkan Mio S  di kawasan Ancol, Jakarta, (14/10/2017). Peluncuran tersebut dijawab oleh PT Astra Honda Motor (AHM) hanya seminggu lebih sehari dengan menyegarkan tampilan skutik low entry New Honda BeAT POP eSP. Skutik khusus segmen wanita itu diberi grafis stripe bertema pixelate dan model velg anyar yang mengusung ban tubeless terbaru (23/10).

Selanjutnya di bulan yang sama saat perhelatan Tokyo Motor Show di Jepang (27/10 - 5/11), Honda Global pamerkan All New Honda PCX dengan basis mesin hybrid dan listrik yang dimanfaatkan pihak AHM untuk publikasi ke masyarakat Indonesia. Langkah tersebut 'dibalas' oleh Yamaha Indonesia dengan pamerkan Yamaha Electric Vehicle (1/11). Mengusung bentuk skuter matik, Yamaha mengklaim motor tersebut ringan dan cocok digunakan di jalanan Indonesia.

All New PCX 150

Perseteruan di tahun 2017 ini akhirnya ditutup Honda dan Yamaha dengan masing-masing meluncurkan skutik premium hanya berselang empat hari. Pertama adalah New Yamaha NMax model 2018 yang diperkenalkan ke publik di kawasan Sentul, Jawa Barat (9/12). Empat hari setelahnya AHM menghadirkan All New Honda PCX di area Jalan Asia Afrika, Jakarta (13/12).

Sekadar catatan, kalau AHM meluncurkan All New Honda PCX dengan estimasi harga Rp 27 juta tipe CBS hingga Rp 32 juta tipe ABS. Sementara Yamaha NMax model 2018 dibanderol Rp 26,3 juta tipe standar hingga Rp 30,2 juta tipe ABS.

Bagaimana kelanjutannya? Kita lihat perseteruan berikutnya di tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.