Mengadu Performa Yamaha QBix Vs Yamaha Lexi, Manakah Paling Unggul?

Mengadu Performa Yamaha QBix Vs Yamaha Lexi, Manakah Paling Unggul?

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Yamaha QBix tengah dipamerkan di Bangkok International Motorshow 2018 (28 Maret - 8 April 2018) dan bisa sewaktu-waktu datang ke Indonesia. Hingga saat ini, skuter dengan desain mengotak itu masih dipasarkan di Thailand.

Nah, bila Yamaha QBix benar-benar datang ke pasar Tanah Air, tentu Anda ingin tahu mana paling unggul untuk urusan performa bila diadu dengan skutik berkapasitas mesin sama, yaitu Yamaha Lexi.

Mesin QBix berkapasitas 125 cc, 4 tak, 2 katup, SOHC, FI dan satu silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 9,5 hp pada 8.000 rpm serta torsi puncak 9,6 Nm di 5.500 rpm. Sementara untuk Yamaha Lexi mengadopsi mesin berkapasitas sama, yaitu 125 cc. Model mesin Yamaha Lexi adalah SOHC , 4 tak, berpendingin cairan.

Yamaha Lexi

Menariknya, dari mesin Yamaha Lexi tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimum 11,8 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Dengan angka segitu, jelas Yamaha Lexi lebih unggul dari Yamaha QBix.

Sekadar catatan kalau Yamaha QBix untuk sektor pengapian menggunakan teknologi TCI yang berguna menyuplai pengapian secara maksimal ke dalam bagian mesin, dengan kapasitas bahan bakar 4,2 liter.

Paling menarik dari Yamaha QBix lantaran memiliki tampilan headlamp berbentuk persegi panjang yang dipasang secara vertikal. Model ini benar-benar tidak biasa tapi justru menarik perhatian banyak orang.

Yamaha QBix juga disertai dengan fitur canggih di dalamnya seperti speedometer full digital dengan layar LCD. Nah, speedometer itu bisa memberikan informasi kecepatan, kondisi bahan bakar serta disediakan pengisian baterai smartphone. Yamaha QBix juga sudah mengadopsi fitur Answer Back System (ABS) dan Smart Key System.

Yamaha QBix 2018

Kedua fitur terakhir yang disebutkan tadi sebenarnya juga ada pada Yamaha Lexi. Selain itu Yamaha QBix menggunakan headlamp full LED Headlight serta bagian belakang full LED Tail light yang mengikuti desain bodi motor. Tampilan mengotak itulah yang menyebabkan skuter ini benar-benar memiliki magnet transaksi.

Untuk ukuran dimensi Yamaha QBix mempunyai panjang 1.860 mm, lebar 710 mm untuk tipe standar, sedangkan untuk tipe S dan ABS memiliki lebar 740 mm, dan untuk tinggi keseluruhan berukuran 1.115 mm. Sementara tinggi joknya sendiri 775 mm dan jarak terendah ke permukaan tanah mencapai 135 mm.

Untuk bagian kaki-kaki Yamaha Qbix menggunakan pelek berukuran 12 inci yang dibalut dengan ban depan berukuran 100/90 dan belakang 130/70 untuk tipe standar. Sedangkan untuk tipe S dan ABS berukuran 110/90-12 pada bagian depan dan 140/70-12 pada bagian belakang.

Bila sudah disetarakan dengan rupiah ketika peluncurannya di Thailand, Yamaha QBix 2018 dibanderol Rp 23,6 juta untuk tipe Standar, dan Rp 24,7 juta untuk tipe S serta Rp 26,5 juta untuk tipe ABS.

Apakah Yamaha QBix akan benar-benar hadir di Indonesia? Kita tunggu saja!

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id