Mengapa GSX R150 Menempati Posisi Tertinggi Penjualan di Jajaran Motor Suzuki? Inilah Hasil Analisanya

Mengapa GSX R150 Menempati Posisi Tertinggi Penjualan di Jajaran Motor Suzuki? Inilah Hasil Analisanya
Sabtu, 16 September 2017 17:05
Yulian Lahardi

Seperti diketahui bersama, dari jajaran model yang dihadirkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Tanah Air, ternyata motor bergenre sport Suzuki GSX R150 masih didaulat sebagai backbone penjualan. Adapun perolehan penjualan Suzuki GSX R150 itu ada di angka 2.371 unit terjual di bulan Agustus lalu.

Angka tersebut jelas mengungguli model-model lainnya, seperti Suzuki Address yang hanya mengantongi berkas transaksi sebanyak 1.384 unit di bulan Agustus lalu dan All New Satria F-150 yang memperoleh angka penjualan hanya 1.055 unit. Sementara itu model skutik Nex FI memperoleh angka penjulan 483 unit dan Smash FI hanya 253 unit.

Nah, posisi paling buncit justru dialami oleh motor bergenre naked bike Suzuki GSX-S150 yang hanya memperoleh angka penjualan 165 unit. Menanggapi perolehan angka tersebut, pengamat pemasaran sektor otomotif Apong Arfiansyah yang juga CEO PT Ahza Global Strategis, perusahaan jasa konsultan pemasaran memaparkan analisanya.

“Faktor new value menjadi penyebab GSX R150 diminati masyarakat ketimbang model Suzuki lainnya,” bilang Apong, sapaan akrabnya. Pria yang pernah menduduki posisi strategis di Agen Pemegang Merek Bajaj dan Tata Motors ini juga menjelaskan, kalau sebuah produk memiliki new value atau dalam bahasa sehari-hari disebut dengan ‘nilai kebaruan’ umumnya di periode-periode awal memang kerap diminati.

Apalagi, masih menurut Apong, Suzuki GSX R150 sendiri memiliki tampilan bergenre sport yang sangat digemari kalangan anak muda di Tanah Air. “Faktor brand image motor balap yang menjadi peserta salah satu event balap internasional juga ikut mempengaruhi minat customer untuk membeli GSX R150,” jelas Apong lagi.

Nah, analisa terakhir dari Apong adalah menyoal harga. “Harga Suzuki GSX R150 lebih terjangkau dari pesaingnya dan langsung diberlakukan promo diskon sehingga menjadi daya tarik transaksi,” tutupnya.

Suzuki GSX R150 sendiri mengusung mesin berkapasitas 147,3 cc dan diluncurkan pada Februari silam. Harga On the Road Jakarta saat ini adalah Rp 28 juta, tapi di bulan Oktober nanti akan naik menjadi Rp 29,9 juta.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.