Menteri Ristekdikti: Kalau Mau Laris, Gesits Harus Miliki Tiga Hal Ini

Menteri Ristekdikti: Kalau Mau Laris, Gesits Harus Miliki Tiga Hal Ini
Selasa, 15 November 2016 15:05
Ilham Pratama

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Muhammad Nasir punya nasihat kepada pengembang skuter listrik nasional, Gesits yakni Garansindo dan ITS Surabaya mengenai produknya agar mampu bersaing di pasar.

"Untuk menghadapi pasar sepeda motor Indonesia yang sudah dulu dikuasai perusahaan asing, produk lokal harus memiliki tiga faktor penting," ucapnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta beberapa waktu lalu.

Faktor pertama adalah kualitas yang baik dan mampu bersaing. Karena, dengan mampu menghasilkan produk yang berkualitas, pasar bisa merespon dengan positif.

Selanjutnya soal harga. Selain berkualitas, produk lokal juga harus memiliki harga yang bersaing. "Buat apa kalau punya kualitas bagus, tapi harganya tak terjangkau. Ini justru jadi masalah. Tapi kalau keduanya sudah bagus, tinggal ke langkah berikutnya," paparnya.

Nah, langkah ketiga adalah standarisasi. Harus ada standarisasi, supaya produk ini benar-benar layak jalan dan mampu mengisi pasar sepeda motor di Indonesia layaknya perusahaan yang sudah mapan terlebih dahulu.

Sebagai catatan, saat ini pihak Kemenristekdikti tengah berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian, Kepolisian dan Kementerian Keuangan dalam upaya membuat regulasi pada skuter listrik, serta insentif terhadap kendaraan ramah lingkungan tersebut. "Ini merupakan inovasi yang menuju ke hilirisasi dan komersialisasi. Dan ini merupakan langkah menuju green ecology yang berefek pada pengurangan kendaraan bermesin konvensional dan konsumsi bbm," tutupnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.