Mesin Yamaha NMax dan Aerox155 VVA, Mulai Crankcase Sampai Tenaga Berbeda!

Mesin Yamaha NMax dan Aerox155 VVA, Mulai Crankcase Sampai Tenaga Berbeda!
Rabu, 18 Januari 2017 15:05
Ilham Pratama

Meski memiliki basis dan spek yang sama, namun ada sederet perbedaan antara Yamaha Aerox155 VVA dan NMax. Utamanya yang berkaitan dengan penggunaan Smart Motor Generator (SMG) sebagai sistem starter motor. Seperti apa?

"Dengan penggunaan SMG, membuat Aerox155 VVA tak lagi membutuhkan dinamo (starter motor) lagi. Sehingga, bagian crankshaft dan crankcase NMax dan Aerox berbeda," urai Ridwan Arifin, Staf Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)..

Yamaha Aerox 155 VVA

Pun demikian dengan engine mounting di crankcase yang berpindah posisi. Di mana braket NMax ada di bawah, sedangkan braket mesin Aerox berada di bagian atas. "Hal ini membuat bagian crankcase dan crankshaft keduanya tak bisa subtitusi," ucapnya.
 
Lalu, bagaimana jika ada pemilik NMax yang berminat memasang sistem SMG pada motornya? "Bisa saja, tapi bakal banyak ubahan pada mesin dan biayanya pasti mahal," ucapnya.

Tak hanya soal detail mesin, settingan ECU juga berubah dan mempengaruhi besarnya tenaga keduanya yang berbeda. Aerox155 VVA hanya menghasilkan daya 14,7 dk per 8.000 rpm dengan torsi 13,8 Nm per 6.250 rpm. Sedangkan NMax menghasilkan daya 14,8 dk di 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm per 5.500 rpm. "Perbedaan tenaga dan torsi ini disesuiakan dengan bobotnya yang berbeda. Aerox punya berat 118 kg dan NMax 127 kg," pungkas Ridwan. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.