Nih, Bahaya Pakai Ban Celup Buat Harian

Nih, Bahaya Pakai Ban Celup Buat Harian

Entah karena alasan gaya, atau budget yang terbatas, ukuran ban lebih kecil dari lebar pelek dipakai. Semisal, ban depan standar Honda Beat yang semestinya 80/90-14 kini memakai 70/90-14. Atau pelek yang sudah upgrade menjadi lebar, kini dipakai ban kecil agar terlihat celup layaknya modifikasi mobil.

"Wah bahaya itu," wanti Ucok Marbun dari Vidici Tire Shop di Jl. H. Asmawi No.23, Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

Menurutnya ukuran ban harus disesuaikan dengan lebar pelek. Karena jika memakai ban dengan ukuran lebih kecil, atau celup, efeknya akan terasa pada kenyamanan dan stabilitas.

Ucok mengatakan hal ini berbeda dengan mobil di mana side wall bukan dipakai untuk berbelok dan ban lebih mengutamakan telapak.

"Kalau ban depan motor kan juga mempengaruhi buat berbelok, sehingga ukuran tapak dan side wall yang bersentuhan dengan aspal harus luas. Jika lebar peleknya melebihi ban, maka tapak yang menyentuh aspal berkurang dan efeknya akan berbahaya saat berbelok," urai punggawa bengkel spesialis kaki-kaki motor tersebut.

Lebih lanjut, menurutnya tren pemakaian ban celup sendiri lebih cocok dipakai untuk kontes modifikasi ketimbang harian. "Ya, kalau untuk modifikasi sah-sah saja, karena bukan dipakai setiap hari," tutupnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id