Panduan Ringan Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Panduan Ringan Berkendara Aman Saat Musim Hujan
Minggu, 27 Mei 2018 12:35
Angga M

Pengguna sepeda motor harus lebih berkonsentrasi saat berkendara di musim hujan. Pasalnya, pada saat kondisi hujan, kondisi permukaan jalan akan berbeda. Umumnya, bila tidak berhati-hati akan terjadi kecelakaan atau terjatuh.

Pengendara sepeda motor sebaiknya memperhatikan beberapa kondisi, termasuk kendaraan itu sendiri. Mulai dari ban, rem serta pastikan kondisi hujan. Bila kondisi hujan terlalu ekstrem, sebaiknya tidak usah melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Rantai Motor Cepat Aus Di Musim Hujan, Begini Cara Merawatnya!

Selanjutnya, untuk mengatur kecepatan motor di saat hujan, tentu berbeda dengan jalan kering. Pasalnya, di jalan kering, daya cengkram ban ke aspal lebih maksimal dibandingkan di jalan basah. Alhasil, berkendara di jalan basah lebih aman dengan kecepatan maksimal 50 km/jam.

“Sebaiknya saat berkendara di saat hujan bisa menggunakan jas hujan model pakaian, dan jangan menggunakan jas hujan ponco karena bisa tersangkut di ban belakang," ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana Makmur Sejati (WMS), Main Dealer Honda.

Apparel Motor Musim Hujan

Agus Sani menambahkan, jangan lupa menggunakan helm yang sudah bersertifikasi SNI. "Kecepatan maksimal saat berkendara 50 km/jam, serta harus melakukan pengecekan tekanan ban dan perhatikan jalan yang dilalui, lewati rute yang sudah paham guna terhindar dari jalan berlubang yang mengakibatkan hilang konsentrasi dan terjadi kecelakaan," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.