Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari-jari, Gampang Kok!

Pasang Ban Tubeless di Pelek Jari-jari, Gampang Kok!

Saat mengunggah video pemasangan ban dengan mesin Tyre Changer beberapa waktu, banyak pertanyaan yang datang mengenai bisa tidaknya ban tubeless dipasang di pelek jari-jari. Pasalnya, banyak motor dan aliran modifikasi yang masih mengandalkan pelek jari-jari untuk penunjang estetika maupun fungsional.

Eits, ternyata pasang ban tubeless di pelek jari-jari bisa kok. Langsung lirik nih tips yang dilakukan  Yustinus Erwan Santoso  builder Insan Motor di JL. Swatantra 4/50, Pasar Rebo, Jatiasih Bekasi.

Pelek jari jari

"Ban tubeless bisa dipasang ke pelek jari-jari. Modalnya cukup lem besi dan lem kaca, atau sealant," papar Iyus, sapaannya.

Untuk langkahnya, bersihkan dulu pelek dari debu. lalu sela-sela jari-jari lebih baik dikasih lem besi terlebih dulu agar celahnya tertutup. "Selanjutnya sealant bagian dalam pelek, lebih baik sealant dengan pola zig zag agar mudah meratakannya," tambah Iyus.

Setelah lem kering, lapis lagi bagian dalam pelek dengan karet ban dalam berdiameter lebih kecil. Misalnya, pelek 17 inci, bisa pakai karet ban dalam 14 inci. Bukan pakai ban dalam lho, tapi cukup menutupi pinggiran pelek bagian dalam saja. Tujuannya agar karet lebih menekan dan angin tak bisa keluar dari sela-sela pelek. Terakhir, pasang pentil dan ban tubelessnya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id