Pasang Kaliper Brembo di Honda CBR250RR, Tak Bisa Langsung Pas

Pasang Kaliper Brembo di Honda CBR250RR, Tak Bisa Langsung Pas

Salah satu peranti aftermarket yang bisa mendongkrak sistem pengereman sekaligus gaya pada Honda CBR250RR adalah penggunaan kaliper Brembo. Namun sampai saat ini, tak ada kaliper dari Brembo yang dikeluarkan khusus bagi sport fairing tersebut. Tenang, ini solusinya.

"Harus pasang braket rem baru. Baik saat pasang kaliper rem depan dan belakang. Karena posisi kalipernya bakal berubah," urai Yanto, alias Pa'e, mekanik Layz Motor di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

pasang rem brembo

Lanjut ke pengerjaan. Copot dulu braket bawaannya (Gbr.I). Kemudian buat mal braket rem baru. "Bisa pakai kardus bekas (Gbr.II). Nah, jika bentuk mal braket sudah jadi, bawa ke tukang bubut untuk pembuatan braketnya. Biasanya bahan braket dari duralium agar kuat," jelas Pa'e.

Jika sudah selesai, tinggal pasang kembali kaliper dan braketnya. Oiya, kali ini posisi braket ada di bagian luar, tak lagi di sisi dalam (Gbr.III). Ini ada tujuannya lho. "Yakni agar mudah saat membongkar pelek nanti," paparnya.

Beralih ke kaliper belakang, kali ini dijelaskan oleh Sudirjo dari Anjany Racing, Kebon Jeruk, Jakbar. Membuat braketnya tak jauh beda dengan yang depan karena harus custom dan butuh cetakan mal dulu.

"Tapi posisi kaliper pindah ke bawah. Bukan lagi ada di bagian atas seperti standarnya (Gbr. IV). Ini dilakukan untuk menyiasati posisi nipel slang rem kaliper Brembo yang berada di samping," pungkasnya.

Oya, untuk biaya pergantian kaliper rem Brembo ini rata-rata dibanderol Rp 2,7 - 3,6 juta di luar harga braket yang dihargai Rp 500-600 ribuan perbuah.(otorider.com)

pasang rem brembo

pasang rem brembo

pasang rem brembo

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id