Perawatan Ringan Radiator, Cukup Ganti Cairan Secara Rutin

Perawatan Ringan Radiator, Cukup Ganti Cairan Secara Rutin
Jumat, 30 September 2016 17:05
Ilham Pratama

Meski terbilang minim perawatan, tapi radiator, sebagai peranti pendukung pendingin mesin pada motor yang banyak beredar saat ini juga harus diperhatikan dalam hal perawatan.

Karena tak jarang, karena radiator yang mampet, atau bocor, masalah lebih besar bisa merembet ke sektor mesin. Paling fatal, bisa terjadi over heat karena radiator tak bekerja maksimal.

"Salah satu cara perawatan radiator adalah rutin mengganti cairan coolant," kata Marsel dari bengkel spesialis motor MotoTag di bilangan Meruya, Jakarta Barat.

Di buku petunjuk pemakaian motor, rata-rata pergantian dilakukan tiap 25.000 km. Tapi kalau motor dipakai tiap hari, dan melintasi jalanan macet dan berdebu, ada baiknya pergantian coolant dilakukan lebih awal.

"Pergantian bisa dilakukan setiap 20.000 km. Kenapa harus dilakukan lebih cepat? Karena kalau terlalu lama, atau bahkan cairan tak pernah diganti, yang sering ditemukan adalah tabung reservoir dan selang yang berlumut. Dan ini jelas bisa menghambat sirkulasi cairan. Lagi-lagi, efeknya membuat pendinginan mesin kurang optimal," urai Marsel.  (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.