Perbedaan Kalex Moto2 dan CBR600RR Supersport Menurut Dimas Ekky, Satu Basis Beda Rasa

Perbedaan Kalex Moto2 dan CBR600RR Supersport Menurut Dimas Ekky, Satu Basis Beda Rasa
Rabu, 8 Maret 2017 09:45
Ilham Pratama

Ibarat nasi, yang bisa diolah jadi nasi goreng, atau nasi liwet, tergantung restorannya. Pun demikian dengan motor Honda CBR600RR yang bisa langsung dipakai balap dengan ubahan minim pada ajang ARRC, atau dirombak total untuk bertanding di level CEV Moto2. Lalu seperti apa bedanya?

Dimas Ekky Pratama, rider Astra Honda Racing Team coba menjawabnya. Dimas sendiri sempat menjajal kedua motor musim lalu. Saat mengikuti kejuaraan ARRC kelas Supersport 600 dengan CBR600RR dan CEV Moto2 dengan Kalex.

"Soal mesin dan tenaganya tak jauh berbeda. Karena basisnya sama-sama CBR600RR. Tapi karakter dan feeling berkendara yang membuat keduanya berbeda," ucap Dimas.

Menurutnya penggunaan sasis Kalex yang merupakan prototipe Moto2 sangat berpengaruh. Terutama dengan desain fairing, tangki dan posisi footstep yang membuat berkendara Kalex lebih 'racing' dari CBR.

"Handling di Moto2 juga racing banget. Lebih dapat feelnya. Karena posisi duduk lebih menunduk. Sedangkan CBR masih sedikit mendongak," urai Dimas

Selain itu, feeling berkendara juga didukung bobot Moto2 yang lebih ringan. Di mana Kalex Moto2 20 kg lebih ringan dari CBR. Kalex hanya memiliki bobot 140-145 kg, sedangkan CBR mencapai berat 162-165 kg. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.