Rahasia Knalpot Suzuki GSX-150 Series Pakai 2 Lubang Buang

Rahasia Knalpot Suzuki GSX-150 Series Pakai 2 Lubang Buang
Senin, 6 Maret 2017 08:30
Ilham Pratama

Jika diperhatikan, ada yang berbeda pada sektor knalpot duet motor sport Suzuki GSX-150 Series (GSX-R150 & GSX-S150). Pasalnya, knalpot GSX punya dua lubang buang. Padahal, rata-rata knalpot motor bermesin 150 cc yang beredar di Indonesia, termasuk 'saudara' dengan basis mesin yang sama, Satria F150 punya lubang buang knalpot satu.

Tentu ada alasan kenapa silencer knalpot GSX memiliki dua lubang buang. Hal ini langsung di jawab oleh Morikawa Daigo, Assist to Sales and Marketing Dept. Head 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). "Pakai knalpot dua lubang karena GSX ini untuk pasar ekspor ke Eropa dan Jepang," ucapnya.

Lho, apa hubungannya? "Ya, di negara-negara Eropa dan Jepang, regulasi emisinya sudah Euro 4. Untuk itu, knalpot ini didesain juga agar lolos dengan standar emisi Euro-4 tanpa mengorbankan performa," jelas Morikawa.

Standar emisi ini juga menjelaskan kenapa Satria F150 tak menggunakan dua lubang pada knalpotnya. Sebab, Satria F150 hanya dilepas ke negara Asean yang rata-rata baru memiliki batas emisi Euro-3.

Audi Tarantini, Sales & Marketing 2W Product Planning SIS menambahkan jika detail lain juga diperhatikan dalam pengembangan knalpot ini. Seperti performa dan suara. Mulai dari diameter pipa header dan extended yang besar (28,6 - 31,6 mm) serta bagian katalis yang mencapai 45 mm.

"Diameter knalpot dibuat besar untuk meraih power dan performa yang maksimal. Sedangkan dua lubang buang juga berpengaruh pada suara yang khas. Serta penggunaan catalytic converter untuk menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan," tutupnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.