Resiko Ini Bisa Terjadi Ketika Membeli Motor Paska-Peluncuran Perdana, Dari Kelangkaan Komponen Hingga Cacat Produksi!

Resiko Ini Bisa Terjadi Ketika Membeli Motor Paska-Peluncuran Perdana, Dari Kelangkaan Komponen Hingga Cacat Produksi!
Selasa, 27 Maret 2018 16:00
Yulian Lahardi

Tentunya Anda berharap sesuatu yang berbeda dengan orang lain ketika berhasil meminang motor baru. Terlebih lagi kalau motor tersebut benar-benar produk baru yang baru saja dilaunching. 

Namun, jangan dikira membeli produk baru tidak memiliki resiko. Bahkan resikonya terbilang cukup tinggi. "Banyaknya cacat produksi yang harus direcall biasanya ada pada rakitan produk-produk awal," jelas Apong Arfiansyah, pengamat otomotif. Lanjutnya, setelah berjalan cukup lama, barulah produksi berikutnya aman dari cacat produksi.

Motor baru

Lanjutnya, cacat produksi itu bisa meliputi bagian kelistrikan, pengereman, hingga komponen mesin. Resiko berikutnya, menurut pria yang pernah menduduki posisi strategis di PT Bajaj Auto Indonesia dan Tata Mators ini adalah kemungkinan kelangkaan spare parts dari motor yang baru diluncurkan.

"Pihak Agen Pemegang Merek (APM) terkadang kurang detail menyediakan komponen tertentu," jelas Apong. Lanjutnya, umum terjadi adalah slow moving parts sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan, komponen itu baru dipesan dan membutuhkan waktu yang lama.

Bagaimana menurut Anda?

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.