Suzuki GSX-R150 dan GSX-250R, Kenapa Posisi Huruf R-nya Berbeda?

Suzuki GSX-R150 dan GSX-250R, Kenapa Posisi Huruf R-nya Berbeda?
Selasa, 30 Mei 2017 12:10
Ilham Pratama

Sedikit menggelitik saat melihat perbedaan nama Suzuki GSX-R150 dan GSX-250R. Bukan soal angka yang jadi penunjuk kapasitas mesin. Tapi, justru pada letak huruf R yang berbeda.

Yup, jika Suzuki GSX-R150 yang dijual di Tanah Air memiliki huruf R di depan angka, maka Suzuki GSX-250R yang dilepas di Cina justru memakainya di belakang angka. Dan ternyata hal ini ada maknanya lho.

"Iya, kalau GSX yang huruf R nya di depan angka, seperti GSX-R150 ini dikembangkan dari dunia balap. Sedangkan yang R nya di belakang, seperti GSX-250R memang dirancang untuk harian, tapi dengan aura sporty," ucap Zulfikar Rafi Al Ghany, Public Relations 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tak heran jika menurutnya, GSX-R150 langsung dipakai di arena balap seperti Suzuki Asian Challenge 2017. Sedangkan GSX-250R yang mengambil basis Inazuma tak turun balap di kelas AP250. "Karena memang bukan buat balap," katanya.

Produk lain yang bisa menjadi contoh perbedaan kedua GSX diantaranya. GSX-R1000R yang dipakai di ajang superbike dan GSX1300R Hayabusa yang dirancang sebagai motor sport touring.

Sebagai catatan, nama GSX sendiri merujuk pada motor sport Suzuki bermesin 4-tak yang dikembangkan sejak 1984 lalu. Selain tipe R, GSX juga memiliki varian, GSX-S, GSX-E dan GSX-F. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.