Suzuki: Tak Ada Perbedaan Kualitas GSX Lokal dan Global

Suzuki: Tak Ada Perbedaan Kualitas GSX Lokal dan Global
Rabu, 1 Februari 2017 14:05
Ilham Pratama

Fasilitas pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) di Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi global dari GSX Series bermesin 125 dan 150 cc. Dan kerap ada anggapan jika produk yang dijual di Indonesia akan mengalami pengurangan spek dari model globalnya. 

Hal ini dibantah pihak Suzuki Indonesia, karena semua kualitas produknya, baik lokal dan global sudah lolos QC sesuai standar Suzuki Motor Jepang. Dan mereka mengaku tak membedakan standar kualitas produksi tersebut.

"Tak ada perbedaan kualitas. Kami tak membedakan yang versi lokal, atau impor semua sama. Mulai spek logam, plastik, cairan sampai ban dan suspensi sama seperti di Indonesia. Karena sebagai basis produksi global, kualitasnya harus sesuai dengan standar di Jepang," buka Audi Tarantini, Section Head of 2W Product Planning PT. Suzuki Indomobil Sales.

Lebih lanjut menurutnya secara bisnis, dengan kualitas yang sama akan membuat ongkos produksi lebih efisien. Karena tak membutuhkan banyak kode pada part number sehingga tak perlu memisahkan line produksi. "Kalau dibedakan, nantinya akan merepotkan karyawan produksi. Juga membebani bagian lain karena tiap parts yang berbeda akan membutuhkan nomor kode dan mesin cetakan yang berbeda," tutur Audi.

Toh demikian, memang secara regulasi membuat produk ekspor akan sedikit berbeda di tiap-tiap negara tujuan. "Karena masing-masing negara tujuan ekspor punya regulasi berbeda pada detail. Semisal perbedaan di lampu, atau kapasitas mesin. Ini diikuti sesuai negara tujuan," tutup pria ramah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.