Tengok Perbedaan Detail Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Bukan Hanya di Fairing

Tengok Perbedaan Detail Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150, Bukan Hanya di Fairing
Selasa, 14 Februari 2017 17:05
Ilham Pratama

Dilahirkan sebagai saudara kembar, pasti banyak yang menyebut jika Suzuki GSX-R150  dan GSX-S150 hanya berbeda pada fairing saja. Memang tak salah, karena style keduanya yang berbeda. Namun ternyata ada detail lain yang membuat keduanya berbeda. Apa saja?

Mulai dari posisi berkendara. Di mana untuk ergonomi joknya, GSX-S150 lebih tegak ketimbang GSX-R150 yang menunduk. Perbedaan posisi duduk ini dipengaruhi desain setang. GSX-S150 mengandalkan setang flatbar dengan raiser yang posisinya lebih tinggi 100 mm dari setang jepit under yoke yang posisinya di bagian bawah segitiga atas. Pun demikian dengan bagian footstep. GSX-S150 mengandalkan tuas double pada bagian persneling, jadi tak perlu mencongkel, tapi juga bisa diinjak untuk perpindahan giginya.

“Tak hanya setang, selongsong suspensi depan lebih tinggi beberapa mm untuk mengakomodasi posisi duduk tersebut. Perbedaan  selanjutnya ada pada bagian segitiga atas. Pada GSX-S150  ada raiser setang, sedangkan GSX-R150 tidak,” ucap Audi Tarantini, Product Planning 2W Section Head PT SIS.

Lebih lanjut, konsekuensi perbedaan di sektor setang juga membuat panjang kabel dan selang rem keduanya juga berbeda. “Peranti keduanya nggak bisa subtitusi. Karena berpengaruh saat berbelok,” urainya.

Oiya, fitur keyless yang ada di GSX-R150 tak terdapat pada GSX-S150. Sebagai gantinya, tersedia kunci berpengaman magnetik yang terdapat pada Suzuki Satria F150 di motor ini. Terakhir, perbedaan juga ada pada ECU. Pasalnya, modul yang mengatur keyless di tipe GSX-R150 absen di model GSX-S150. Sehingga, ECU pada GSX-S150 tak lagi dipasang modul keylessnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.