Ternyata Berbelok Menggunakan Kaca Spion Saja Tidak Cukup, Begini Resepnya

Ternyata Berbelok Menggunakan Kaca Spion Saja Tidak Cukup, Begini Resepnya
Selasa, 2 Oktober 2018 16:15
Angga M

Banyak pengendara sepeda motor yang berbelok hanya menggunakan lampu sein atau melihat kaca spion saja, ternyata hal tersebut tidaklah cukup. Pasalnya, kecelakaan justru sering terjadi karena adanya tabrakan dari belakang.

Instruktur Safety Riding Jusri Palubuhu mengatakan, kebanyakan pengendara melakukan manuver berbelok hanya mengandalkan lampu sein dan melihat kaca spion saja. "Sebenarnya lampu sein hanya sebagai lampu isyarat atau memberikan kode kepada pengendara lain bahwa akan berbelok ke kanan ataupun kiri," tuturnya.

Tips Spion

Jusri Palubuhu menambahkan, sebaiknya sebelum berbelok, pengendara bukan sekadar memberikan isyarat lampu sein dan melihat kaca spion, melainkan harus melihat atau mengontrol keadaan sekitar jika melakukan manuver.

Baca juga: Indonesia Motorcycle Show 2018 Beri Penawaran Motor Warna Doff, Begini Perlakuannya

Karena kaca spion memiliki cermin yang terbatas, ada yang terlihat dan ada juga area blind spot, yaitu area tidak terlihat lewat kaca spion. ”Sebaiknya pengendara tetap harus menoleh ke arah belakang sebelum berbelok, tetapi harus dipastikan kondisi di depan sudah aman,” ujar Jusri Palubuhu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.