Tren Panel Spidometer Full Digital di Motor Baru, Banyak Keunggulannya

Tren Panel Spidometer Full Digital di Motor Baru, Banyak Keunggulannya
Selasa, 1 Maret 2016 09:10
Ilham Pratama

Tren di dunia sepeda motor nasional terus berkembang. Salah satunya dari fitur spidometer. Pasalnya, jika sebelumnya, tren spidometer kombinasi digital dan analog bertebaran, kini spidometer full digital mulai mewabah.

Mulai dari TVS Apache RTR 200 4V, Yamaha Xabre, Honda All New CBR150R hingga yang terbaru, Suzuki All New Satria F150 turut mengusung spidometer full digital.

Tentu bukan tanpa sebab, fitur spidometer full digital hadir. Seperti diungkapkan Endro Sutarno, Instruktur Teknik Astra Honda Training Center. "Ada banyak kelebihan saat memakai spidometer digital. Diantaranya bebas perawatan," ucapnya.

Pasalnya, spidometer ini tidak memerlukan komponen seperti gigi nanas, atau kabel yang ada di versi analog. "Karena panel LCD tak butuh lampu lagi. Juga tak takut kabel putus, sebab speed sensor sudah tanpa kabel, karena sudah ada di mesin," urai Endro.

Selain itu, spidometer full digital juga lebih informatif. Karena informasi yang ada lebih banyak. Informasi tersebut, misalnya tambahan indikator gear position, rata-rata konsumsi bensin, trip meter dan informasi lain yang tak ada di versi kombinasi.

Pun demikian dengan Josep Agus Antony, Instruktur Teknik Suzuki Roda 2. Dirinya mengatakan jika spidometer full digital punya keunggulan di sisi informasi. "Lebih akurat dan menampilkan indikator lebih banyak. Termasuk indikator pergantian oli, jam dan kode kerusakan. Semua bisa ditampilkan," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.