Yamaha: Kami Siap Masuki Standar Emisi Euro-4

Yamaha: Kami Siap Masuki Standar Emisi Euro-4
Jumat, 7 April 2017 10:15
Ilham Pratama

Belum lama ini pemerintah tengah berencana menaikan standar emisi gas buang kendaraan di Indonesia dari Euro-2 langsung menjadi Euro-4. Hal ini berdampak ke bermacam sektor, mulai dari penyedia bahan bakar, hingga produsen kendaraan. Termasuk, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsen motor Yamaha di Indonesia.

Yamaha mengaku siap jika regulasi Euro-4 ditetapkan di Indonesia. “Yamaha sudah siap, tinggal tunggu regulasinya ditetapkan kita ikut. Saat ini memang belum ada produknya di sini, tapi kami juga sudah memproduksi XMax versi Eropa (standar Euro-4),” ucap M. Abidin, GM Aftersales & Motorsport PT YIMM saat ditemui kemarin (6/4) di Jakarta.

Meski siap, tapi pihaknya juga mengaku masih mempelajari lebih lanjut soal dukungan industri lain untuk mendukung program Euro-4. Semisal ketersediaan bahan bakar beroktan tinggi.

“Sekarang bahan bakar dengan oktan 92 ke atas sudah sampai mana sebarannya? Ini terkait dengan konsumen yang ada di daerah. Karena mesin Euro-4 itu berdampak di ubahan komponen mesin. Contohnya kompresi naik sehingga butuh oktan bensin yang lebih tinggi. Konsumen banyak yang tidak tahu. Nah, kalau pakai bensin sembarangan efeknya ke mesin, seperti detonasi atau

knocking. Nantinya jika banyak efek seperti itu di motor mereka, bukan pemerintah yang disalahkan, tapi merek motornya,” urai pria ramah ini.

Sehingga sampai saat ini, Yamaha menurutnya masih belum ada kepastian soal memproduksi motor berstandar emisi Euro-4 untuk pasar Indonesia. “Industri mengikuti regulator,  tapi juga harus dibarengi industri lain,” tutupnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.