Test Drive New Fino 125 Blue Core (2016)

 
Kelebihan
- Desainnya cukup menarik - Jok dan dek cukup nyaman - Stabil di kecepatan tinggi - Fitur Answer Back System sangat membantu
Kekurangan
- Tenaga mesin kurang responsif - Indikator penunjuk BBM terasa terlalu jauh dari spidometer
Kondisi Pengetesan
Waktu : 01-Apr-2016 19:55
Permukaan Jalan : Aspal
Cuaca : Cerah
Beban Penumpang : 52 Kg
Bahan Bakar : 100 %
Tekanan Ban Depan: 27 psi
Tekanan Ban Belakang: 27 psi
Suhu udara : 28 °C

Yamaha akhirnya menyegarkan skuter matik bergaya retro andalannya, Fino. Perubahan terbesar ada pada sektor mesin yang kini kapasitasnya tak lagi 115 cc. Mesin berkapasitas 125 cc berteknologi Blue Core hadir pada bagian dapur pacunya.

Dari desain eksteriornya tak ada perubahan berarti dari generasi Fino terdahulu. Hanya perubahan corak grafisnya saja yang kini dibagi dalam dua varian. Kebetulan unit tes yang Otorider.com dapat adalah yang tipe Classic dengan warna yang cukup kalem.

Kini kulit jok dengan warna baru juga menambah kerennya motor matik ini. Saat mendudukinya pun terasa cukup nyaman berkat desainnya yang lebar mengikuti bentuk bodi yang membulat. Dibuat riding jarak jauh tak begitu membuat lekas pegal. 

Kenyamanan rider ditambah lagi dengan dek yang cukup untuk kaki leluasa ganti gaya atau sekedar bergeser-geser saat lelah. Fino terbaru ini disasar Yamaha untuk pecinta motor berpenampilan klasik. Termasuk wanita, karena memang cukup cocok untuk kaum hawa. Walau dek dan joknya cukup lebar, masih bisa dijangkau oleh rider wanita.

Ada yang baru saat menghidupkan mesin dan memutar kunci kontak. Terdapat indikator Eco Indicator yang berkedip. Lampu berwarna hijau ini akan menyala saat motor berjalan di rentan 25 sampai 40 Km/jam, artinya efisiensi konsumsi bahan bakar sedang pada kondisi terbaik. 

Fitur ini tentu cukup berguna bagi rider wanita yang cenderung jarang menyentuh kecepatan tinggi. Konsumsi BBM yang irit pun harusnya bisa tercapai. Apalagi teknologi Blue Core yang diusung Yamaha juga menjadi keunggulan tersendiri dapur pacu si Fino 125.

Saat Otorider menguji performanya, memang terasa lebih bertenaga dari mesin terdahulu. Walau untuk mencapai putaran atas tak bisa dengan memutar gas secara spontan. Di kecapatan tinggi motor dengan bobot 98 kg ini terasa cukup stabil. Terasa ban depan belakang mencengkram aspal dengan baik.

Dibawa untuk menikung kecepatan tinggi Fino Blue Core ini juga cukup nurut. Bahkan membuat Otorider malah menambah gas saking enaknya menikung, lupa sesaat kalau ini adalah motor bergenre klasik, bukan sport. 

Dicoba untuk melahap trek lurus dengan Racelogic Performance Box yang siap mencatat performa berdasarkan, skuter retro ini tak punya top speed yang fantastis. Toh, siapa yang butuh kecepatan tinggi kalau dengan tampilan bodinya yang keren bisa mengundang lirikan mata orang lain saat riding santai? 

Beberapa hari Yamaha Fino 125 dengan tampilan kece ini OtoRider andalkan juga untuk beraktivitas, membuatnya menemui berbagai macam jalan. Saat di kemacetan cukup oke untuk selap-selip, sumbu roda yang tak terlalu panjang makin memudahkan bermanuver. Sayangnya dikala bertemu permukaan jalan yang keriting bantingan suspensinya cukup keras.

Ada satu fitur lagi yang menurut Otorider menjadi senjata pamungkas saudara Mio M3 ini. Yaitu adalah Answer Back Sistem, yang merupakan sarana "komunikasi" antara Fino 125 dengan ridernya. Ada tombol di anak kunci yang jika dipencet secara otomotis membuat motor ini berbunyi. Sangat berguna saat kesulitan menemukan motor di area parkir yang luas. (otorider.com)

 

Data Tes dan Spesifikasi New Fino 125 Blue Core (2016)

Untuk melihat data tes kami terhadap mobil ini, silakan pilih varian yang diinginkan:

SpesifikasiHarga
  • Mesin : 4-Tak, 125.00 cc
  • Transmisi : otomatis (CVT)
  • Sistem Bahan bakar : injeksi
  • 0-100 km/jam : 0.0 detik
Rp 16.250.000 Lihat Hasil Tes

Foto

Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core
Foto Yamaha New Fino 125 Blue Core

Mirip Pencarian Anda

Medley S 150 ABS

Medley S 150 ABS

Piaggio Medley S 150 ABS menjawab kebutuhan skuter matik premium perkotaan di Indonesia. Hadir pada semester awal 2016, skuter bermesin i-get 155,1 cc...

Aerox 125 LC

Aerox 125 LC

Yamaha Aerox 125 LC resmi diluncurkan dengan harga Rp 18,2 juta. Dengan mengusung tema sporty, skuter matik yang sangat baru ini siap merebut hat...

Django

Django

Lahir di Avenue de la Grande Armee, Paris, Prancis, Peugeot Django hadir di Indonesia Pada Agustus tahun 2014 lalu. Tampilannya yang unik dan seksi, m...

TVS Dazz 110 DFI

TVS Dazz 110 DFI

TVS Dazz 110 DFi merupakan skutik kompak yang hadir menjadi penyempurna versi sebelumnya yang masih pakai karburator. Dengan harga yang tergolong mura...

Vario 150 eSP Exclusive

Vario 150 eSP Exclusive

Honda Vario 150 eSP hadir dengan dua varian Exclusive dan Sporty yang menjanjikan performa besar dan bertabur fitur. Nah, yang kami ulas kali ini adal...

Yamaha N Max ABS

Yamaha N Max ABS

Skuter matik berkapasitas mesin yang cukup besar memang masih jarang populasinya. Yamaha akhirnya menelurkan skutik gambot bermesin 150 cc, N Max seol...