Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Trio Honda-Yamaha-BMW Bentuk Konsorsium Demi Keselamatan Bermotor

Rabu, 7 Oktober 2015
Dimas Indra B S

Honda, Yamaha, dan BMW Motorrad bergabung? Kayaknya mustahil, ya. Tapi itulah kenyataannya. Ketiga pabrikan motor itu duduk bersama dalam satu meja. Hasilnya, sebuah kesepakatan yang diprediksi bisa meningkatkan kualitas keselamatan pengendara motor.

Seperti dilansir Motorcycle News, ketiganya sepakat membentuk sebuah konsorsium yang bernama Connected Consortium Motorcycle. Unit usaha gabungan itu memiliki tugas utama untuk mengembangkan teknologi informasi berbasis vehicle-to-vehicle pada sepeda motor. Kesepakatan itu terjadi di sela-sela acara ITS World Congress di Bordeaux, Prancis.

Teknologi itu nantinya akan diberi nama Cooperative-Intelligent Transportation System (C-ITS). Sistem itu nantinya bakal memberikan peringatan kepada pemotor terkait kemungkinan bahaya yang muncul saat melintas di jalan raya. Salah satunya di titik persimpangan jalan yang kerap mencelakai rider yang kurang berhari-hati.

Salah satu tantangan dari teknologi ini adalah persoalan akomodasi. Sebab, ruang yang tersedia pada sepeda motor lebih terbatas ketimbang C-ITS yang bisa diterapkan pada mobil. Selain itu, perangkat navigasi itu juga mesti tahan air, debu, hingga getaran karena tidak adanya ruang penyimpanan mesin.

Tapi persoalan itu diyakini bisa diatasi oleh konsorsium tersebut. Sebab,  pembesutnya adalah tiga jagoan otomoti dunia. "Poin utama dari perangkat ini adalah untuk meningkatkan keselamatan bagi para rider," kata Executive Vice President BMW Motorrad, Karl Victor Schaller. (otorider.com)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Motor Listrik | 14 jam yang lalu

250 Pengunjung PEVS 2024 Jajal Motor Listrik Honda EM1 e:

Berita | 15 jam yang lalu

Daftar Merek Motor yang Hadir di GIIAS 2024

Berita | 16 jam yang lalu

VIDEO: Keeway KL1500GX - Impresi Perdana

Berita | 17 jam yang lalu

Berkunjung ke Minimarket, Tak Perlu Lagi Bayar Parkir?

Berita | 1 hari yang lalu

Update Harga Terbaru Honda Vario 125 dan Vario 160 per Mei 2024
Beranda Trending Motor Listrik