Amankah Motor Matic Pakai Top Box dan Side Box?

Amankah Motor Matic Pakai Top Box dan Side Box?
Rabu, 25 Desember 2019 08:00
Brian

Top box dan side box merupakan perangkat kompartemen tambahan pada sepeda motor. Biasanya perangkat ini digunakan ketika hendak berpergian jauh keluar kota menggunakan sepeda motor. Sehingga perangkat ini akan jauh lebih cocok digunakan pada motor sport naked atau petualang.

Bagaimana jika perangkat kompartemen tambahan ini digunakan pada motor matic kecil? Bagaimana soal keamanannya?

   Baca Juga: Jangan Salah, Penggunaan Box Motor Harus Sesuai Tempatnya

Jusri Pulubuhu selaku pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan pada dasarnya motor tidak mengenal kata stabil ketika bergerak. Menurutnya dengan adanya top box dan side box pada motor matic akan membatasi kemampuan stabilitas motor. Sehingga dapat berpengaruh pada pengendalian motor.

"Jadi motor yang digunakan sehari-hari (matic), sebenarnya tidak bisa digunakan pemasangan itu. Tidak bisa dipasang dan kalaupun dipasang maka yang harus dilakukan adalah penyesuaian. Termasuk kecepatan geraknya pun dia terbatas. Pertannyaannya aman? Ya engga aman," pungkas Jusri kepada OtoRider, Senin (23/12).

Tips sidebox

 

Menurutnya motor matic memiliki postur yang sangat kecil, sehingga jika dipasangkan box akan membebani motor. Tentunya hal ini berkaitan dengan keselamatan pengendara motor itu sendiri. Jusri pun menyarankan para pengguna motor matic jangan ikut-ikutan, pengguna juga perlu menimbang keselamatan berkendara.

   Baca Juga: Tujuan Kaca Spion Motor Pabrikan Bentuknya Lebar

"Jadi jangan sekedar pasang-pasang atau ikut-ikutan. Tetapi lihat ketika beli itu kan ada petunjuk safety yang diberikan. Karena akan berpengaruh sekali dalam aspek keselamatan," ujar Jusri.

Motor matic terutama yang memiliki kapasitas mesin 125 cc dan 110 cc memang memiliki bentuk yang kecil. Selain bentuknya yang kecil, biasanya ukuran roda yang digunakan juga kecil. Menurut Jusri tujuan matic diciptakan pun sebenarnya memang untuk alat transportasi di dalam kota.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.