Apakah Lampu LED Motor Bisa Rusak? Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya

Apakah Lampu LED Motor Bisa Rusak? Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya
Kamis, 1 Juli 2021 10:00
Thio Pahlevi

Lampu berteknologi LED saat ini banyak digunakan pada motor keluaran terbaru. Meski memiliki risiko kerusakan yang cukup minim dibanding lampu bohlam biasa, ternyata lampu LED juga perlu mendapatkan perawatan. Tak hanya itu, lampu LED juga bisa mengalami kerusakan bila tidak dirawat dengan benar.

Berbeda dengan bohlam biasa, lampu LED yang rusak akan membutuhkan biaya besar untuk menggantinya. Lantas, apa yang menyebabkan lampu LED rusak dan bagaimana cara merawatnya? Adih selaku Supervisor Service Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan pun memberikan penjelasan.

   Baca Juga: Inspirasi Modifikasi Honda ADV150 Bergaya Balap, Tertarik?

"Kerusakan pada lampu LED kemungkinan diakibatkan oleh adanya tambahan daya lampu tambahan yang berlebihan. Selain itu, bisa dikarenakan over pengisian," jelas Adih pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Yamaha All New Aerox 155 Connected/ Aerox 155 Baru

Agar lampu LED tetap awet, Adih menghimbau untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, khususnya ketika servis rutin. Ia juga menambahkan, perawatan selanjutnya pada lampu LED yang dapat dilakukan pemilik kendaraan adalah memerhatikan waktu ketika memanaskan motor.

   Baca Juga: Pisah dari Yamaha, Vinales Dikaitkan dengan Aprilia dan Ducati

"Perawatan lampu LED dapat dilakukan pada saat service berkala. Usahakan lakukan pengecekan dari sirkulasi pengisian kelistrikan. Saat memanaskan motor, usahakan jangan terlalu lama, karena tidak ada sirkulasi pendinginan udara bebas," ujar Adih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.