Aprilia RSV4 FW-GP, Superbike Berteknologi MotoGP Bertenaga 250 Dk!

Aprilia RSV4 FW-GP, Superbike Berteknologi MotoGP Bertenaga 250 Dk!
Rabu, 28 Desember 2016 12:00
Ilham Pratama

Sebagai ajang balap motor prototype, tak jarang teknologi tunggangan MotoGP juga hadir pada versi jalan rayanya. Semisal, Yamaha dengan superbike YZF- R1M yang mengandalkan teknologi YZR-M1. Dan kini giliran Aprilia.

Yup, pabrikan motor asal Italia tersebut menghadirkan superbike anyar berjuluk Aprilia RSV4 FW-GP. FW merupakan singkatan dari Factory Work, dan GP tentu saja diambil dari rangkaian teknologi MotoGP yang dipakainya.

Memang, basis RSV4 FW-GP diambil dari RSV4 R-FW SBK. Jadi bukan seperti Ducati Desmo atau Honda RC213V-S yang merupakan turunan langsung tunggangan MotoGP yang disulap jadi versi jalanan.

Yang jelas, RSV4 FW-GP sudah menggunakan suspensi Öhlins tipe FGR300 di depan dan Ohlins TTX GP di belakang. Pelek almunium forged ringan, sistem elektronik yang makin ringan dengan dukungan baterai tipe lithium. Serta ECU yang disetting khusus balap.

Ubahan cukup ekstrim ada di mesin. Di mana versi standar yang hanya 215 dk kini mampu menghasilkan daya hingga 250 dk.

Kuncinya ada pada perbesaran ruang bakar dengan bore up dari piston 78 mm jadi 81 mm, ukuran piston maksimum di MotoGP. Sedangkan strokenya diperkecil jadii 48.5 mm dari 52,3 mm untuk menjaga volume mesin tetap 999 cc. Tak hanya itu, teknologi katup pneumatic di MotoGP juga dipasang di RSV4 FW-GP.

Dengan semua keunggulannya, RSV4 FW-GP dibanderol 160.000 Euro, atau setara Rp 2,2 miliar di Eropa. Dan sayangnya, statusnya hanya sebagai motor sirkuit yang tidak road legal. Selain itu, tak ada satu komponen pun yang digaransi.

Namun, siapapun yang membeli RSV4 FW-GP mendapat previledge untuk menonton ajang MotoGP di tiap seri selama semusim. Serta berhak menyetting motor sesuai keinginannya secara langsung di markas Aprilia Racing di Noale, Italia. Anda berminat? (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.