Bagaimana Cara Kerja Pengereman Motor Roda Empat Qooder?

Bagaimana Cara Kerja Pengereman Motor Roda Empat Qooder?
Minggu, 15 Desember 2019 11:00
Thio Pahlevi

Skuter matik Qooder dibekali dengan sistem pengereman yang sudah dilengkapi ABS (Anti-lock Braking System). Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara, sistem pengereman tak hanya ada pada tuas rem yang ada di stang.

Dukungan sistem pengereman juga terdapat pada bagian pijakan kaki kanan serta di bagian bawah jok depan pengendara. Tak hanya itu, ada juga fitur HTS (Hydraulic Tilting System) pada bagian dashboard yang berfungsi mengunci suspensi roda saat berhenti.

   Baca Juga: Alasan Motor Yamaha Banyak Gunakan Mesin 155 cc dan SOHC

Lalu, bagaimana cara kerja rem tersebut? Ossy Lontoh selaku Afterales Director Gforce Republic memberikan penjelasannya.

"Sistem remnya itu ada di tuas kanan dan kiri stang, pedal kanan pijakan kaki, dan parking lock di dekat jok pengemudi," kata Ossy pada OtoRider di Jakarta beberapa waktu lalu.

Qooder

Ossy menambahkan, sistem rem yang ada di tuas stang cara kerjanya mirip seperti motor matik pada umumnya. Tuas kanan digunakan untuk rem depan dan tuas kiri berfungsi untuk roda belakang.

   Baca Juga: Daftar Harga Motor Bebek Semua Merek (Desember 2019)

"Kalau yang tuas kiri dan di pedal kaki kanan itu sama. Dia mengunci empat rodanya, persentasenya 50 banding 50, depan belakang. Kalau yang tuas sebelah kanan itu 70 depan 30 belakang. Kalau tuas kiri itu juga bisa mengunci suspensi, tapi bukan permanent lock ya, dia cuma nahan aja," jelas Ossy.

Qooder

Terakhir, sistem rem di bagian jok kanan yang serupa dengan rem tangan. Fitur tersebut berfungsi untuk mengunci roda saat motor diparkir.

"Kalau yang di samping jok itu fungsinya untuk parking lock. Permanent lock-nya itu hanya yang tuas di dashboard saja. Itu untuk mengunci suspensinya secara permanen," ucapnya.

Qooder

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.