Bagian Motor Listrik yang Perlu Diperhatikan Ketika Terkena Air

Bagian Motor Listrik yang Perlu Diperhatikan Ketika Terkena Air
Senin, 25 Januari 2021 08:00
Brian

Air merupakan musuh dari hampir setiap kendaraan, terutama kendaraan listrik. Jika tidak diperhatikan, air dapat merusak sejumlah komponen di motor listrik. Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat motor listrik terkena air?

Dalam buku panduan menggunakan motor listrik United T1800, disebutkan sejumlah peringatan terhadap air. Dalam buku tersebut disebutkan, motor listrik dapat digunakan secara normal ketika hujan. Namun pastikan penutup baterai tertutup dengan rapat.

Tips Menerobos banjir

 

"Jangan gunakan motor untuk mengarungi air yang dalam. Komponen listrik motor dapat rusak dan mengalami korsleting, ketika permukaan air mencapai bagian poros motor, kontrolelr atau sirkuit," keterangan dalam buku panduan motor listrik United T1800.

   Baca Juga: Berikut Sejumlah Tips Agar Baterai Motor Listrik Tidak Cepat Rusak

Peringatan berikutnya adalah disarankan untuk tidak mencuci motor listrik dengan air bertekanan tinggi. Hal tersebut kemungkinan dapat mengakibatkan komponen listrik yang cukup sensitif terkena oleh air. Siraman air juga disarankan untuk tidak diarahkan ke dalam bagasi utama, tempat pengisian baterai, cover baterai, dan kontroller.

Motor listrik UNITED E-Motor T1800

 

Pihak United pun memberikan sejumlah tips kepada konsumen T1800 ketika melintasi banjir atau terdampak banjir. Disebutkan untuk menjaga umur motor listrik, disarankan tidak melintasi area banjir lewat dari setengah roda belakang. Sementara ketika banjir tinggi melanda rumah, disarankan untuk melepas baterai dari motor.

   Baca Juga: Cegah Rusak, Begini Cara Merawat Radiator Motor Agar Tetap Awet

"Amankan baterai simpan di tempat tinggi, bungkus soket dengan rapat dan matikan sakelar daya utama. Dilarang menyalakan motor yang baru terendam banjir," tulis buku panduan tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.