Ban Cepat Habis dan Rusak? Begini Solusinya

Ban Cepat Habis dan Rusak? Begini Solusinya
Jumat, 28 Februari 2020 08:00
Thio Pahlevi

Komponen motor yang bersentuhan langsung dengan jalanan adalah ban. Kondisi ban yang optimal tentu akan menjaga handling, daya cengkram, hingga kenyamanan motor itu sendiri.

Agar ban tak cepat mengalami aus atau bahkan rusak, ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan. Nah, apa saja solusinya?

   Baca Juga: Basis Mesin Sama, Lebih Kencang Honda BeAT Baru atau Genio?

Pertama, pastikan ukuran ban yang digunakan sudah sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selain itu, perhatikan juga arah rotasi ban saat melakukan pemasangan.

"Pengguna motor juga diwajibkan untuk secara rutin melakukan pengecekan tekanan angin ban sesuai dengan standar yang dibutuhkan," kata Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Motor Honda dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Ban Motor

Lebih lanjut, tekanan angin yang berlebihan atau justru kurang dapat menyebabkan motor menjadi tidak stabil saat dikendarai dan membuat ban akan cepat rusak. Ade juga menghimbau untuk tidak menggunakan ukuran ban yang tak sesuai rekomendasi.

   Baca Juga: Hari Terakhir Tes Qatar, Marc Marquez Coba Pakai Winglet 2019

"Jangan sampai menggunakan ban bagian depan digunakan di belakang dan sebaliknya karena akan berpengaruh terhadap handling atau kenyamanan juga keamanan atau keselamatan pada saat berkendara," jelas Ade.

Ade menambahkan, hindari juga penggunaan cairan pengkilap ban secara berlebihan dan cucilah ban ketika kotor sebelum motor kembali disimpan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.