Banyak Disepelekan, Bahaya Lumasi Rantai Pakai Oli Bekas

Banyak Disepelekan, Bahaya Lumasi Rantai Pakai Oli Bekas
Sabtu, 16 Oktober 2021 12:00
Brian

Rantai merupakan komponen yang banyak ditemui oleh pengguna motor bebek dan sport. Namun biasanya pengguna kerap menyepelekan komponen yang satu ini sehingga jarang dirawat. Padahal rantai harus tetap dijaga kesehatannya sehingga motor memiliki performa yang baik dan tidak mudah rusak.

Riyadi Prhantono selaku Manager After Sales CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg mengatakan rantai sangat penting untuk dirawat. Salah satunya adalah dengan pelumasan yang baik dan tepat. Riyadi pun memberikan beberapa tips mengenai pelumasan rantai sepeda motor.

   Baca Juga: Dua Komponen Ini Bisa Ubah Kelistrikan Motor AC Menjadi DC

"Rantai merupakan komponen penting pada motor tipe sport dan bebek, yang berfungsi sebagai penerus tenaga ke roda belakang, karenanya perlu mendapatkan perawatan rutin. Kondisi rantai yang aus akan mempengaruhi kinerja rantai," ujar Riyadi dalam keterangan tertulis yang diterima OtoRider.

New Yamaha MT-25

Riyadi menjelaskan pelumasan rantai harus dilakukan agar rantai dapat bergerak dengan lancar  tanpa terganggu. Biasanya rantai dapat terganggu oleh kotoran dan debu yang hinggap di sela-selanya. Jika tidak bersihkan dan dilumasi, dapat menyebabkan karat yang membuat gerakkan rantai tidak lancar dan gear cepat aus.

   Baca Juga: Jangan Asal, Berikut Tips Menyetel Rantai yang Benar dan Aman

"Hindari melumasi rantai menggunakan oli bekas atau oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau yang direkomendasikan. Karena kan menyebabkan rantai akan cepat berkarat, renggang, kaki, dan gear rantai cepat aus," pungkas Riyadi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.