Benarkah Motor Matic Lebih Boros dari Motor Manual?

Benarkah Motor Matic Lebih Boros dari Motor Manual?
Jumat, 27 Desember 2019 14:00
Thio Pahlevi

Pengguna motor bertransmisi otomatis alias matic terus mengalami pertumbuhan jika dibandingkan dengan motor bebek atau sport. Kepraktisan dalam berkendara bisa jadi merupakan salah satu faktor penyebabnya.

Akan tetapi, motor matic sendiri dinilai memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros daripada motor bebek. Benarkah demikian? Ribut Wahyudi selaku Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Depok memberikan penjelasannya.

"Tingkat keborosan tidak terlalu signifikan. Hal ini terjadi karena motor matic mengubah karakter pengendara untuk selalu buka gas penuh secara terus menerus karena tidak adanya sistem oper gigi," kata Ribut pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Ribut menambahkan, kenaikan tenaga pada motor matic juga lebih panjang dan lama, tidak seresponsif jika menggunakan motor transmisi manual, seperti tipe bebek atau sport.

Berdasarkan data pengetesan yang dilakukan OtoRider pada All New Honda Vario 125 CBS setelah pemakaian selama setahun, konsumsi bahan bakarnya mencapai 49,6 km/liter. Pengetesan tersebut dilakukan pada mode berkendara harian. Sementara itu, pada mode Eco, konsumsi bahan bakarnya mencapai 56,7 km/liter.

Konsumsi bahan bakar tersebut tentunya bisa jadi lebih irit lagi jika motor diberikan perawatan yang benar. Salah satu caranya dengan menggunakan oli mesin atau pelumas yang berkualitas dan sesuai rekomendasi pabrikan.

"Penggunaan oli yang sesuai juga dapat membuat motor lebih irit karena minimnya gesekan berlebih di mesin. Kesalahan pemilihan oli mesin tentunya akan sangat berpengaruh pada performa motor. Jika salah pilih, kondisi perputaran mesin bisa menjadi berat atau bahkan bisa mengalami overheat," jelas Ribut.

Salah satu oli yang kami rekomendasikan bisa menjadi solusi untuk motor matic adalah oli Federal Matic 30 dari Federal Oil yang memiliki tingkat kekentalan 10W-30 JASO MB. Hasil pengetesan kami pada tantangan “Coolest Matic Challenge” yang kami lakukan beberapa waktu lalu menempuh perjalanan yang berjarak kurang lebih 50 km, Federal Matic 30 terbukti mampu menjaga suhu mesin tetap stabil dan konsumsi bahan bakarnya secara mengejutkan bisa mencapai 52,12 km/liter dalam mode berkendara standar yang seringkali buka tutup gas.

Jadi, mulai sekarang harus cermat pilih oli agar performa motor matic tetap optimal.

touring Honda ADV

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.