Berikut Penyebab Komponen Komstir Bisa Rusak

Berikut Penyebab Komponen Komstir Bisa Rusak
Rabu, 1 Juli 2020 14:00
Brian

Komstir merupakan komponen yang paling penting dalam hal pengendalian sepeda motor. Komponen ini menjadi pengantar pengendalian dari setang menuju ke ban depan. Lantas bisakah komponen yang satu ini mengalami kerusakan?

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan, komstir dapat mengalami kerusakan. Namun menurutnya kerusakan pada komstir jarang sekali terjadi. Biasanya kerusakan terjadi karena pemakaian yang cukup lama saja, mengingat komponen ini termasuk spare part slow moving.

   Baca Juga: Dua Motor Terbakar di Sirkuit Barcelona-Catalunya

"Komstir itu kalau pemakaiannya normal jarang sekali rusak, biasanya karena usia saja. Jadi dia bisa jadi karatan atau kering, itu butuh waktu lama untuk rusaknya. Komstir memang jarang sekali diganti dan dicek oleh mekanik, jadi kemungkinan rusaknya ya karena usia saja," ujar Fikri kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Komstir

Menurut Fikri, biasanya penggunaan yang tidak normal dapat membuat komponen yang satu ini rusak. Penggunaan tidak biasa yang dimaksudnya adalah jika terjadi tabrakan, menghajar lubang jalan, atau polisi tidur. Kejadian-kejadian tersebut kemungkinan dapat membuat komstir menjadi rusak.

   Baca Juga: Penjualan Motor di Amerika Serikat Justru Naik Saat Pandemi

"Biasanya rusaknya itu karena pernah tabrakan, atau menghajar lubang kecepatan tinggi, atau hajar polisi tidur kecepatan tinggi. Benturan yang cukup keras itu bisa bikin komstir rusak," jelas Fikri.

Komstir sendiri bertempat di dalam segitiga suspensi depan yang menyambung dengan rangka motor. Soal harga spare part ini terbilang cukup murah, hanya berkisar Rp 100 ribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.