Berkunjung ke Pabrik Motor Honda, Presentase Komponen dan SDM Hampir Seluruhnya Lokal

Berkunjung ke Pabrik Motor Honda, Presentase Komponen dan SDM Hampir Seluruhnya Lokal
Kamis, 12 September 2019 13:10
Thio Pahlevi

Agen pemegang merek Honda di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) membuka pintunya untuk kunjungan ke salah satu pabriknya di kawasan MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Dalam kunjungan tersebut, diperlihatkan berbagai motor yang diproduksi di pabrik ini beserta teknologi serta bahan bakunya. 

Pabrik atau Plant Cikarang merupakan salah satu pabrik AHM yang dikhususkan untuk membuat motor matic. Terdapat total empat buah pabrik AHM yang juga memproduksi model lain, di antaranya adalah Plant Sunter, Pegangsaan, dan Karawang.

   Baca Juga: Keunggulan Rangka eSAF Terbaru Honda Genio, Ringan Tapi Kokoh

   Baca Juga: Intip Proses Pembuatan Rangka eSAF Honda Genio, Langsung dari Pabriknya

Pabrik yang khusus memproduksi skuter matik berkapasitas mesin 110 cc dan 125 cc ini hanya membuat Honda Genio, Honda BeAT series, Honda Scoopy, dan Honda Vario. Sekali produksi, pabrik ini bisa menghasilkan ribuan unit kendaraan per hari.

"Sehari 9.700 unit, khusus untuk matik. Proses produksi hanya Senin sampai Jumat. Weekend itu kalau ada permintaan khusus saja," kata General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi, Selasa, 11 September 2019.

Dalam proses produksi, AHM sudah menggunakan kandungan komponen serta Sumber Daya Manusia (SDM) lokal yang hampir 100 persen. 

"97 persen komponen lokal. Untuk SDM lokalnya sudah 99 persen. Orang Jepangnya hanya sedikit, kurang dari 20 orang lah," ucap Dodi.

Sekadar catatan, pabrik AHM Cikarang ini juga menjadi satu-satunya pabrik Honda di dunia yang membuat rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang diaplikasi pada Honda Genio. Dengan penggunaan pelat baja serta teknologi laser welding menjadikan rangka terbaru ini memiliki bobot yang jauh lebih ringan, hanya 11 kilogram. Berbeda 4 kilogram dibandingkan dengan model rangka yang masih menggunakan pipa besi pada umumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.